Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Aksi Klithih Ciderai Predikat Yogyakarta sebagai Kota Pelajar
Aksi Klithih Ciderai Predikat Yogyakarta sebagai Kota Pelajar
Aksi Klithih Ciderai Predikat Yogyakarta sebagai Kota Pelajar

Aksi Klithih Ciderai Predikat Yogyakarta sebagai Kota Pelajar

Edupost.ID – Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Sugeng Andono menilai, aksi klithih yang dilakukan oleh segelintir pelajar di Yogyakarta telah menciderai predikat Yogyakarta sebagai kota pelajar. Aksi ini juga menjadi fenomena luar biasa yang muncul akibat adanya geng pelajar.

“Klithih menjadi sebuah menomenal yang luar biasa di DIY. Jogja sebagai kota pelajar yang aman sudah terciderai dengan adanya aksi ini. Hal ini terjadi bermula dari munculnya geng – geng antar pelajar seharusnya tidak perlu ada,” ujar Sugeng Andono.

Di Yogyakarta, klithih dikenal sebagai aksi kekerasan di jalanan yang dilakukan oleh sekelompok orang terhadap orang lain. Kejadian terakhir, aksi klithih ini telah menewaskan seorang siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Adnan Wirawan.

Sugeng menambahkan, sudah saatnya sekolah memiliki program unggulang yang mampu memotivasi siswa ke arah yang positif. Pelajar kita, menurut Sugeng, adalah modal luar biasa yang apabila hari ini kita bisa mengarahkan ke hal – hal produktif, bukan tidak mungkin 10 tahun yang akan datang menjadi orang yang sukses.

“Tentunya mereka juga harus dibuat senyaman mungkin dan enjoy dengan apa yang dikerjakan. Kami sudah mulai menerapkan budaya enterpreneur yang sudah mulai berjalan di beberapa SMK. Program unggulan di antaranya pelatihan digital printing, online shop, kewirausahaan, dan lain – lain,” terang guru SMKN 2 Wonosari Gunungkidul itu.

Dengan adanya program ini Sugeng berharap pelajar tidak sempat lagi untuk berpikir tawuran. Sebaliknya, mereka akan disibukkan dengan penyiapan diri mereka untuk masa depan yang lebih baik. Sugeng juga berharap, ulah segelintir siswa menodai semangat pelajar lain yang tengah giat meraih masa depan yang lebih baik. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *