Senin , 5 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Anak Gifted Butuh Pembelajaran Khusus
Anak Gifted Butuh Pembelajaran Khusus
Anak Gifted Butuh Pembelajaran Khusus

Anak Gifted Butuh Pembelajaran Khusus

Edupost.ID – Anak gifted (cerdas istimewa) membutuhkan kurikulum dan pola pembelajaran yang berbeda dibanding anak dengan kecerdasan normal. Ini penting mengingat anak gifted memiliki kemampuan berpikir yang berbeda dibanding anak lain seumurannya. Pendidik juga harus mampu memahami karakteristik anak gifted untuk memaksimalkan proses belajar mereka.

Hal ini diungkapkan oleh pendiri komunitas Parenting Support Group for Gifted Children (PSGGC) Yogyakarta, Patricia Lestari Taslim. Ini merupakan komunitas untuk menyatukan orang tua yang memiliki anak gifted.

“Pendidikan khusus ini sebagai upaya mengembangkan potensi dan hak tumbuh kembang secara optimal,” kata Patricia.

Anak gifted, umumnya memiliki kecerdasan di atas rata – rata dengan IQ lebih dari 130. Selain itu, merek juga memiliki kreativitas dan motivasi yang tinggi. Tak heran, anak – anak ini sering dianggap jenius, bahkan juga terkesan aneh. Porsi belajar mereka akan sangat berbeda dibanding anak ‘normal’.

Beberapa di antara anak – anak ini membutuhkan pembelajaran yang cepat, komplek, dan dengan berpikir tingkat tinggi dibanding anak seusiaya. Orang tua harus tanggap jika memiliki anak seperti ini dengan ‘memuaskan’ kebutuhan anaknya.

Selain itu, ada jug anak gifted yang mengalami disinkronitas tumbuh kembang. Secara kognisi merek mampu berpukir sangat baik, tapi ada keterbatasan dalam aspek lain. Dalam kondisi ini perlu dipetakan keterbatasan untuk mendapat penunjang pembelajaran sesuai kebutuhan.

Anak gifted menurut Patricia dapat belajar secara inklusi dalam satu kelas bersama siswa yang bukan gifted. Hanya saja guru harus mampu memberi perhatian yang berbeda dengan anak lain. Anak gifted juga dapat belajar secara khusus tak bersama anak ‘normal’. (Andi)

One comment

  1. Apakah ada rekomendasi sekolah untuk anak-anak gifted?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *