Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Anak Masuk SD Harus Tujuh Tahun ke Atas, Ini Alasannya
siswa SD
Ilustasi. Siswa SD

Anak Masuk SD Harus Tujuh Tahun ke Atas, Ini Alasannya

Edupost.id – Undang-undang sistem Pendidikan Nasional menyaratkan anak dapat diterima masuk di Sekolah Dasar (SD) harus berusia tujuh tahun ke atas. Terkait hal ini, ketua Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta, Umi Faizah mengatakan, usia tujuh tahun memang usia terbaik bagi seorang anak untuk memasuki pendidikan dasar.

“Pada usia tujuh tahun serabut -serabut neuron di otak anak sudah tersambung semua, sehingga anak sudah memiliki kematangan yang baik,” terang Umi, saat menjadi pembicara seminar pendidikan di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta, (3/9).

Umi menjabarkan, sebelum masuk SD anak harus memiliki kematangan yang baik untuk meminimalisir hambatan perkembangan pada anak. Tidak hanya kematangan secara biologis, tetapi juga kematangan secara mental sangat dibutuhkan oleh anak sebelum masuk SD.

Pada usia yang tepat, seorang anak cenderung memiliki organ tubuh yang tuimbuh dengan matang. Umi menyontohkan, secara fisik anak sudah memiliki kemampuan untuk menulis, membaca, dan sebagainya.

Secara mental, anak juga sudah siap berkenalan di lingkungan sekolah formal. Anak sudah siap berada jauh dari orang tua dalam waktu yang cukup lama ketika berada di sekolah. Anak juga memiliki kemandirian yang lebih baik.

“Anak yang belum matang akan menimbulkan permasalahan serius di kemudian hari, misalnya mudah putus asa, daya tahan rendah, daya konsentrasi kemah, sering mogok belajar mendadak, dan lemah dalam kemandirian,” katanya.

Umi juga menekankan, dampak buruk karena kurang matangnya kondisi anak dalam masuk SD tidak langsung terlihat dalam waktu dekat. Menurutnya, dampaknya seperti penyakit kanker yang dampaknya akan muncul tiba-tiba.

Salah satu dampak nyata yang timbul akibat kurang matangnya anak saat masuk SD ditemukan saat anak tersebut masuk SMP. Salah satu kasus terjadi, seorang anak SMP masih berperilaku kekanak-kanakan karena anak tersebut masuk SD sebelum benar-benar matang secara psikis maupun fisik. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *