Senin , 5 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Angka Bebas Buta Aksara DIY Sudah 95 Persen
Angka Bebas Buta Aksara DIY Sudah 95 Persen
Angka Bebas Buta Aksara DIY Sudah 95 Persen (foto: Indblspt)

Angka Bebas Buta Aksara DIY Sudah 95 Persen

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, angka bebas buta aksara di DIY di tahun 2016 sudah mencapai 95 persen. Angka ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya yang baru mencapai 94,5 persen.

Aji sangat yakin, angka ini akan terus mengalami peningkatan pada tahun 2017. Sehingga, harapannya angka bebas buta aksara di DIY sudah di atas taget pemerintah pusat sebesar 95 persen.

“Tahun 2016 ini saja kita sudah bisa mencapai 95 persen, harapannya di tahun 2017 bisa di atas angka itu,” ungkap Aji.

Ditambahkan, angka buta aksara di DIY didominasi oleh penduduk yang berusia lebih dari 55 tahun. Sementara untuk penduduk usia sekolah, pihaknya memastikan semuanya bebas buta aksara. Untuk itu, perlu penanganan khusus untuk memberantas buta aksara di wilayah ini. Program pendidikan kejar paket diyakini akan sulit untuk memberantas buta aksara di kalangan penduduk berusia lanjut.

Aji berjanji akan melakukan berbagai upaya untuk menuntaskan angka buta aksara di DIY. Di antaranya dengan bekerjasama dengan kabupaten dan kota di DIY, dan membentuk tim koordinasi.

“Untuk menuntaskan pemberantasan buta aksara kami melakukan barbagai upaya, di antaranya lewat penandatanganan MoU dengan kabupaten/kota di DIY serta membentuik tim percepatan pemberantasan buta aksara,” imbuhnya. (Andi)

Check Also

Nuclear Fair UNJ 2016

Lomba Debat Nuclear Fair UNJ 2016

Edupost.id- KOMMUN Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor yang bekerjasama dengan BATAN, HMJ Fisika UNJ, dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *