Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Berita Pendidikan / Anies Baswedan: Jadikan Mengajar sebagai Trend

Anies Baswedan: Jadikan Mengajar sebagai Trend

DEPOK- “Mengajar perlu menjadi trend di kalangan anak muda sekarang”. Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah RI, Anies Baswedan saat acara Konferensi Mahasiswa Mengajar pada Sabtu (7/3) di Annex Gedung Balairung, Kampus UI Depok.

Anies yang hadir sebagai keynote speaker tersebut, menyambut baik gerakan mahasiswa mengajar yang dilaksanakan di beberapa kampus di Indonesia. “Jadikan aktivitas mengajar dan mendidik itu keren, trend, dan menarik” ungkapnya.

Anies mendukung para mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut untuk berperan serta dalam pendidikan. “Tanggung jawab kita, ikut terlibat dalam memajukan pendidikan Indonesia,” jelasnya.

Ia juga menyemangati para mahasiswa tersebut, agar mengajar dengan ikhlas. “Tugas Anda datang (mengajar) dengan sepenuh hati,” ucapnya.

Menurutnya, mengajar bukan sekedar memberikan materi pelajaran, namun harus bisa memberi inspirasi sebanyak-banyaknya kepada anak didik.

“Yang hari ini hilang bukan pengajar, tapi inspirasi,” tandasnya.

Saat sesi tanya jawab, ada peserta yang menanyakan tentang nasib sertifikasi guru. “Serifikasi tetap jalan, tidak ada perubahan, bahkan alokasi anggaran untuk hal itu 70 triliun,” papar Anies.

Selain Anies, hadir sebagai pembicara lainnya Hikmat Hardono selaku Executive Director Indonesia mengajar.

Sebagai kesimpulan dari acara konferensi mahasiswa mengajar tersebut, ditemukan tiga tantangan terkait pelaksanaan gerakan mahasiswa mengajar. Diantaranya pendanaan, sumber daya/pengajar, dan keberlanjutan, secara organisasi juga pada sisi desa binaan. (Edu)

Check Also

ASI Ternyata Bisa Lindungi Bayi dari Alergi

Edupost.id – Semasa menyusui, tak jarang ibu mengonsumsi makanan yang umum menjadi penyebab alergi, seperti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *