Selasa , 24 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Antar Anak Hari Pertama Sekolah, Pegawai Boleh Telat
siswa SD
Ilustasi. Siswa SD

Antar Anak Hari Pertama Sekolah, Pegawai Boleh Telat

Edupost.id – Menjelang hari pertama sekolah tersebut, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah yang menyatakan bahwa semua pegawai diperbolehkan telat masuk kerja setelah mengantar anak. Himbauan itu melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), agar orangtua maupun sekolah sama-sama merupakan institusi pendidikan, sehingga harus terjalin interaksi dan kemitraan yang baik demi perkembangan pendidikan anak.

“Kami ingin orang tua datang ke sekolah dengan rasa kepercayaan. Yang ingin kita bangun adalah membangun kolaborasi dalam pendidikan,” tuturnya.

Karena itulah Mendikbud menganggap surat perjanjian antara orang tua dan guru sebaiknya tidak perlu dibuat, sehingga siswa tidak perlu melapor bila diberi hukuman, karena itu yang harus dibangun adalah kepercayaan antara kedua institusi pendidikan itu.

“Ini (tentang) kita mendidik anak. Dalam mendidik anak ada pakemnya, ada kaidahnya, ada normanya, termasuk prinsip-prinsip dalam pendidikan,” kata Mendikbud.

Ia juga menuturkan, pada hari pertama sekolah, Kemendikbud ingin memastikan bahwa negara hadir dalam membuat anak-anak dan orang tua merasakan suasana sekolah yang nyaman. Saat orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah, berarti mereka juga mengantarkan kepercayaannya kepada sekolah sebagai institusi pendidikan.

Kemendikbud telah menyediakan infografis berupa panduan mengenai ragam kegiatan yang bisa dilakukan sekolah dan orang tua di hari pertama sekolah. Misalnya kepala sekolah dapat menjelaskan target dan terobosan yang ingin dicapai sekolah dalam satu tahun ke depan. Kemudian untuk guru dapat menyambut siswa dan orang tua di sekolah dan berdiskusi mengenai karakter dan potensi anak dengan orang tua. Sedangkan siswa dapat mengajak orang tuanya tur berkeliling sekolah. (Kemdikbud/Nisa)

 

Check Also

hari-pertama-sekolah

Hari Pertama Sekolah, PNS Boleh Telat tapi Bukan Bolos

Edupost.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi mendukung himbauan Kementerian Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *