Kamis , 27 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Antisipasi Kecurangan UN SMP, Satgas Pengawas Dibentuk
un-smp-soal
Soal un smp

Antisipasi Kecurangan UN SMP, Satgas Pengawas Dibentuk

Edupost.id, Sleman – Beragam upaya dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016. Di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat membentuk Satuan Tugas (Satgas) pengawas untuk mengantisipasi kecurangan dalam Ujian Nasional tingkat SMP yang berlangsung mulai 9 Mei.

Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan Disdikpora Kabupaten Sleman, Ery Wirdayana mengatakan, pembentukan satgas untuk mengantisipasi kecurangan dalam UN terutama masalah kebocoran materi soal. Satgas ini nantinya akan bertugas sejak soal didistribusikan dari Disdikpora DIY ke masing-masing Pokja hingga UN selesai. Satgas ini juga melibatkan petugas kepolisian.

“Pengawasan akan dilakukan mulai dari saat distribusi soal dari provinsi ke masing-masing kelompok kerja (Pokja) hingga selesai pelaksanaan UN. Pengawasan alur penyebaran soal kami serahkan ke pihak kepolisian,” katanya.

Dalam proses distribusi soal, kata Ery, satgas akan melakukan pengawasan di setiap kecamatan. Apabila diketahui terjadi kecurangan, maka satgas akan melaporkan ke Disdikpora Sleman untuk segera ditindaklanjuti.

Pengawasan UN ini akan dilakukan secara bergantian baik dari Disdikpora Sleman maupun pihak kepolisian. “Kami akan melakukan pengawasan terhadap pendistribusian soal selama 24 jam,” ujar Ery. (Andi)

Ery mengatakan, untuk mempersiapkan pelaksanaan UN, Disdikpora Sleman telah mengumpulkan panitia dan pengawas, untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK).
“Mereka telah diberi pembekalan dan memperoleh penjelasan langsung mengenai pelaksanaan UN bersih. Pada dasarnya kami sudah siap untuk menyelenggarakan UN. Baik UNBK dan paper based test (PBT),” katanya.

Ia mengatakan, untuk kelancaran pelaksanaan UN, orang tua dihimbau untuk mendampingi anaknya dengan baik. Pasalnya, karena keikutsertaan UN di tingkat SMP akan mempengaruhi pendidikan di jenjang selanjutnya. “Kami minta para siswa tidak perlu percaya dengan isu bocoran soal, yang penting belajar saja dengan baik,” katanya. (Andi

Check Also

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Edupost.id – Nama Wyncent Halim, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM berhasil dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *