Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Bagikan 1.190  KIP di Sleman, Jokowi : Jangan Buat Beli Pulsa ya
Kartu-Indonesia-pintar
Kartu-Indonesia-pintar

Bagikan 1.190  KIP di Sleman, Jokowi : Jangan Buat Beli Pulsa ya

Edupost.ID – Presiden RI Joko Widodo membagikan 1.190 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa SD, SMP, dan SMA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara penyerahan itu dipusatkan di halaman sekolah SMK Negeri 1 Tempel, Sleman, Sabtu, 4 Februari 2017.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap KIP dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan yang berhubungan sekolah. Seperti membayar sekolah, membeli buku, dan peralatan sekolah lainnya.

“Uang ini boleh buat beli seragam, sepatu, buku, dan peralatan sekolah. Tapi jangan buat beli pulsa ya, kalau ketahuan dicabut nanti kartunya,” kata Jokowi yang disambut tawa oleh siswa dan tamu yang hadir.

Jokowi menyampaikan, bantuan yang diberikan untuk SD sebesar Rp 400 ribu, SMP Rp 750 ribu, dan SMA Rp 1 juta. Bantuan itu dapat diambil di Bank BNI dan BRI pada Juni saat masuk sekolah.

Tak lupa, Jokowi juga membagikan sepeda kepada beberapa siswa. Siswa yang dapat menjawab pertanyaan Jokowi tentang soal hitungan, Pancasila, jumlah provinsi, hingga nama-nama suku di Indonesia berhak membawa pulang sepeda dari presiden.

“Dengan KIP kita inginkan anak-anak Indonesia tidak ada lagi yang tidak bersekolah. Karena bantuan untuk siswa KIP ini berkelanjutan sampai ke jenjang SMA atau SMK, jadi jangan sampai ada lagi anak yang putus sekolah,” katanya.

Selain Presiden Jokowi, dalam kesempatan tersebut, hadir pula beberapa pejabat lain. Mereka adalah Menteri Koordinator Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia Puan Maharani, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, serta Bupati Sleman Sri Purnomo.

Menko PMK, Puan Maharani mengatakan, hingga tahun 2016 target pemberian KIP kepada seluruh siswa di Indonesia mencapai 16,4 juta siswa. arapannya pada tahun ini akan bertambah menjadi 17,9 juta siswa. Dari jumlah tersebut, pada tahun 2017 KIP akan diberikan kepada 896.000 anak yatim piatu di seluruh Indonesia. (Andi)

Check Also

Kartu-Indonesia-pintar

Pencairan KIP di Daerah Dipantau Kemendikbud

Edupost.ID- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi Pulau Barrang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *