Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Bangkitkan Nilai Luhur Sumpah Pemuda ke-88
Bangkitkan Nilai Luhur Sumpah Pemuda ke-88
Bangkitkan Nilai Luhur Sumpah Pemuda ke-88 (foto: Indblogspot)

Bangkitkan Nilai Luhur Sumpah Pemuda ke-88

Edupost ID- Peringatan ke -88 Hari Sumpah Pemuda tahun ini menjadi momentum bagi para pemuda Indonesia untuk membangkitkan kembali nilai-nilai luhur Sumpah Pemuda, yang telah dideklarasikan tahun 28 Oktober 1928. Deklarasi mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

“Sebagai pelajar sekolah menengah Pertama saya punya tugas yang tidak bisa digambarkan lewat tugas disekolah ataupun sekedar berbincang dengan teman,” kata seorang siswa SMPN 2 Bogor, Rey Alfatih kepada Edupost.ID usai upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Plaza Balaikota Bogor Jumat pagi (28/10).

Perjuangan mempersatukan bangsa, seperti masa Sumpah Pemuda dahulu sudah tidak dirasakan pelajar masa kini. Dengan mengetahui jasa pahlawan, setidaknya para generasi muda dapat menghargai dan membangkitkan nilai baik yang diterapkan sebelumnya.

Rey juga berharap agar para pemuda tidak hanya berpangku tangan,”Seharusnya para pemuda harus bisa memberikan sedikit waktu untuk memaknai hari ini, ketimbang menghabiskan waktu secara sia-sia seperti tawuran, balap liar, ataupun diam di sekolah,” ungkap Rey.

Sementara itu Rektor Akademi Telekomunikasi Bogor, Pri Hartono memaknai Sumpah Pemuda sebagai waktu yang tepat bagi generasi penerus bangsa menyalurkan karakter dalam pendidikan. “Pemuda semestinya memiliki karakter kebangsaan yang luhur dan mandiri demi Indonesia Maju dan Bermartabat, melalui pendidikan bangsa Indonesia,” ujar Pri Hartono kepada Edupost.id

Sumpah pemuda sebagai pedoman bagi pemuda dan pelajar di zaman sekarang, untuk tetap bisa menghargai dan meneladani jasa pemuda dulu yang berbeda pola pikir. Banyak pihak yang mengeluhkan sifat pemuda dan pelajar saat ini apatis terhadap kemajuan bangsa, dan hanya mengeluh tanpa mencari tahu kebenaran dari suatu masalah.

Menurut mahasiswa Komunikasi di Bogor, Yolanda Gloria menjelaskan ada tiga poin penting yang dapat dipahami dalam sumpah pemuda,”Sebagai seorang pemuda Indonesia, menerapkan dan bersumpah pada negara merupakan hal yang penting dan wajib. Mengaku bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu merupakan jalan untuk mewujudkan kebersamaan dan saling bahu membahu bangkitkan semangat pemuda,”pungkas Gloria. (Inan)

Check Also

Peringati Sumpah Pemuda, Pelajar Jogja Deklarasi Lawan Narkoba

Peringati Sumpah Pemuda, Pelajar Jogja Deklarasi Lawan Narkoba

Edupost.ID – Pelajar dari beberapa wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta memperingati Sumpah Pemuda dengan membuat …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *