Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Bendera Indonesia Terbalik, Pelajar SMP Surati PM Malaysia
Bendera Terbalik di SEA Games, Pelajar Indonesia Surati PM Malaysia
Bendera Terbalik di SEA Games, Pelajar Indonesia Surati PM Malaysia

Bendera Indonesia Terbalik, Pelajar SMP Surati PM Malaysia

Edupost.id – Insiden terbaliknya gambar bendera Indonesia di buku cenderamata SEA Games 2017, Kuala Lumpur telah menyita perhatian banyak orang. Salah satunya adalah seorang pelajar SMP berusia 15 tahun bernama Adinda Saraswati Akbar.

Melalui akun facebook Adinda Nanda, gadis kecil ini menulis surat terbuka yang ditujukan kepada “YM Perdana Menteri Malaysia, Tuan Najib Razak” . Surat terbuka itu akhirnya menjadi viral di media sosial.

Status di akun facebook yang diunggah Ahad, 20 Agustus 2017, pukul 23.11 ini memperlihatkan kekecewaannya terhadap perilaku negeri jiran itu kepada bendera negerinya. “Bendera yang Yang Mulia dan Malaysia lecehkan hari ini di arena Sea Games, bendera yang kami dapatkan setelah berpuluh tahun berjuang” tulisnya.

Pada suratnya ini, Adinda juga menyinggung tentang Malaysia yang merupakan saudara serumpun Indonesia. Menurutnya, Indonesia sudah menjadi ‘kakak’ serumpun Malaysia yang telah membantu mendidik Malaysia dengan mengirim guru-guru Indonesia untuk mengajar di Malaysia. Namun, akhirnya Malaysia justru menyakiti hati Indonesia.

“Saya sulit untuk percaya bahwa sebagai saudara serumpun, bendera kami pun anda tidak ketahui padahal kami mengetahui Malaysia dan warganya dengan baik. Bendera merah-putih Indonesia itu dibayar dengan air mata, darah, dan usaha mati-matian para pendahulu dan pahlawan nasional kami,” tulisnya.

“Ketika kami mengetahui bahwa bendera Indonesia dicetak dengan salah, kami merasa bahwa ibu kandung kami telah dihina oleh Malaysia dan luka yang dalam telah dibuat di hati kami bangsa Indonesia. Kasus warna bendera Indonesia putih-merah ini sudah meninggalkan luka yang akan sulit dihilangkan di hati kami bangsa Indonesia, bisa saja tidak akan pernah pudar,” Adinda melanjutkan.

Adinda Nanda meyakini tulisan protes terkait bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2017 dalam status FB miliknya itu akan sampai dan terbaca PM Malaysia Najib Razak. “Yang Mulia boleh merespon tulisan ini atau tidak. Saya hanya menyampaikan hal yang harus saya sampaikan. Saya yakin tulisan ini akan sampai ke Yang Mulia Perdana Menteri sebab dunia ini sudah dihubungkan oleh teknologi.” (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *