Jumat , 24 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Beragam Game Edukatif Karya Siswa Ramaikan BTKP DIY

Beragam Game Edukatif Karya Siswa Ramaikan BTKP DIY

Edupost.id – Terinspirasi dari banyaknya sampah yang berserakan, dua siswa SMKN 1 Bantul membuat game yang mengharuskan pemainnya memungut sampah yang berserakan. Sampah tentunya mengganggu pemandangan maupun kesehatan lingkungan. Untuk itu, sebagai media edukasi untuk mengajak orang membersihkan lingkungan dari sampah, dibuatlah game ini.

Game karya Taufiqurrahman dan Dhimas Putra Setyawan ini mengajak pemainnya untuk membersihkan lingkungan dari sampah yang berserakan. Tapi tidak mudah untuk bisa mengambil sampah, karena beragam gangguan selalu datang. Tidak hanya mengambil sampah, pemain juga harus memilah mana sampah organik, dan mana sampah an organik.

Ini adalah salah satu game kodu yang dilombakan dalam Gebyar Anugerah Ki Hajar DIY. Lomba yang digelar di Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan DIY, (2/9) yang diikuti 25 tim yang berasal dari SMP, SMA, dan SMK di DIY.

Selain game ini, masih ada 24 game lain yang juga turut dilombakan. Salah satunya game karya siswa SMK YAPPI Wonosari Gunungkidul. Game ini menceritakan tentang Joker sebagai bos organisasi teroris berbahaya yang harus dibasmi agar dunia aman. Dibantu tiga anak buahnya, Joker berrencana akan menghancurkan kota dengan senjata berbahaya. Untungnya, di saat berbahaya ini, muncul seorang pembasmi teroris bernama Yappi. Ia memiliki misi membunuh Joker dan anak buahnya.

Salah satu anggota tim yang membuat game ini menuturkan, game karyanya ini terinspirasi dari banyaknya kasus terorisme di Indonesia. Para teroris harus ditumpas agar tidak mengganggu keamanan negara. Dalam game ini, Joker sebagai teroris harus dibunuh untuk menjamin keamanan negara. Sebagai pembasmi teroris, Yappi harus berhadapan dengan anak buah Joker yang memiliki senjata berbahaya. Namun, dengan penuh kehati-hatian dengan menghindari tembakan dari anak buah Joker, akhirnya Yappi bisa membunuh Joker sang teroris.

Pada lomba ini, peserta membuat game edukatif menggunakan software kodu yang diluncurkan oleh Micrtosoft. Lomba ini berperan menggali kreativitas pelajar DIY di bidang teknologi edukasi. (Andi)

Check Also

79 Regu akan Bertanding di ISC DIY

79 Regu Pramuka Siap Bertanding di ISC DIY

Edupost.id – Sebanyak 79 regu akan bertanding di ajang Indonesia Scouts Challenge (ISC) tingkat Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *