Selasa , 25 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Beratkan Mahasiswa, UKT Dinilai Keluar dari Tujuan Awal
Beratkan-Mahasiswa-UKT-Dinilai-Keluar-dari-Tujuan-Awal
Demo Mahasiswa di UNJ Tolak Kenaikan UKT

Beratkan Mahasiswa, UKT Dinilai Keluar dari Tujuan Awal

Edupost.id– Penerapan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) terus menuai protes dari banyak kalangan karena dinilai memberatkan mahasiswa. Mereka menyebut UKT telah keluar dari tujuan awalnya.

UKT semula dibuat untuk meringankan pembayaran biaya kuliah sehingga menghindari pungutan liar (pungli). Selain itu, bagi mahasiswa kurang mampu dibolehkan membayar sesuai golongan kemampuan.

“UKT awalnya hanya untuk menyederhanakan saja. Tapi harus dikritisi oleh mahasiswa. Jika tidak dikontrol bisa menyimpang,” ujar Ketua Dewan Pendidikan DIY, Wuryadi kepada Edupost.id, (9/6).

Mulanya, tambah Wuryadi, perguruan tinggi mengkhawatirkan terjadi pungutan liar saat mahasiswa melakukan penelitian. Jadi, tidak setiap kegiatan perlu menarik uang lagi karena dikhawatirkan akan terjadi penyimpangan. Selanjutnya, jika mahasiswa tidak dapat membayar, maka studi mereka akan terhambat. Sehingga dibuatlah UKT yaitu dengan menyatukan semua biaya kuliah.

Baca juga: Rektor WNA Diragukan Kemampuannya Pimpin PTN

“Itu  dulu yang diinginkan pimpinan perguruan tinggi,” jelasnya. Mengenai besarnya biaya UKT, lanjutnya, perguruan tinggi perlu mekanisme tersendiri. Seperti mengaloksikan dana bantuan untuk mahasiswa miskin.

Hal serupa juga disampaikan Presiden BEM KM UGM, Muhamad Ali Zainal bahwa UKT tidak sesuai tujuan awalnya. Ia mencatat ada beberapa kasus UKT yang tidak tepat sasaran, seperti adanya mahasiswa bidikmisi yang justru mendapat UKT tertinggi.

“Tujuan UKT sebenarnya meringankan biaya pendidikan yang disesuaikan kemampuan masing-masing. Tapi menurut saya UKT belum bisa mewujudkan tujuan itu,” ungkapnya. (Nisa)

Check Also

Gedung Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ingin Terapkan UKT, UIN Jakarta Studi ke IPB

Edupost.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berencana akan segera menerapkan uang kuliah tunggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *