Jumat , 26 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / BTKP DIY Adakan Kemah Ilmiah TIK di Candi Prambanan

BTKP DIY Adakan Kemah Ilmiah TIK di Candi Prambanan

Edupost.id, Yogyakarta – Perkembangan gadget saat ini telah menunjukkan perkembangan yang pesat. Sayangnya, tidak sedikit yang menggunakan gadget untuk kegiatan negatif. Menanggapi kenyataan ini, Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Daerah Istimewa Yogyakarta berusaha mendekatkan gadget kepada siswa untuk hal-hal positif. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggelar kegiatan ilmiah yang dikemas dalam Kemah Ilmiah Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) pada 24- 25 Mei 2016 di Komplek Candi Prambanan.

Seperti perhelatan sebelumnya, acara ini diharapkan menjadi arena bagi guru dan siswa untuk mengaktualisasikan diri melalui berbagai macam kegiatan yang diikuti. Seluruh guru dan siswa di DIY, baik SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB dapat mengikuti perhelatan ini. Kegiatan Kemah Ilmiah TIK diselenggarakan di satu arena terbuka tanah lapang, disini para guru peserta Kemah Ilmiah TIK akan mengikuti kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran berbasis video, lokakarya, dan serangkaian kegiatan lainnya yang bernuansa TIK. Sedangkan, bagi para siswa disediakan kegiatan unjuk kerja dalam hal pemanfaatan TIK untuk mengasah pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami mata pelajaran yang dipelajarinya.

“Untuk jenjang SD dapat mengikuti lomba ICT Exploration for Education, siswa diminta mengamati hal-hal yang ada di sekitarnya, kemudian lomba Video Education untuk SMP, siswa diminta mengamati lingkungan yang bersifat edukatif dan dibuat video. Untuk SMA/SMK juga lomba Video Education, tapi lebih tentang Pendidikan Karakter. Dan untuk jenjang SLB ada lomba Presentasi,” ujar Cholid, Wakil Koordinator Kemah Ilmiah TIK di kantor BTKP DIY, Senin (18/4).

Selain itu, para guru juga dapat mengikuti acara ini melalui lomba Inovasi Pembelajaran berbasis video. Guru membuat video inovasi pembelajaran, kemudian dituangkan dalam bentuk video.

Pendaftaran Kemah TIK sudah dibuka sejak awal bulan April 2016, hingga 11 Mei 2016. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website btkp-diy.or.id. Setelah melakukan pendaftaran, peserta dapat langsung membawa karyanya ke kantor BTKP DIY, di Jalan Kenari no. 2 Yogyakarta.

Seluruh karya yang masuk akan dilakukan seleksi. Peserta yang lolos seleksi akan dipanggil untuk mengikuti grand final Kemah TIK di Prambanan pada 24-25 Mei 2016. “Untuk SD akan dipilih 100 peserta, SMP, SMA, SMK, dan SLB dipilih 50 peserta, dan guru akan dipilih 50 peserta. Jadi total ada 300 peserta,” tetang Cholid.

Selain perlombaan, BTKP juga mengagendakan kegiatan lain di arena Kemah TIK. direncanakan akan ada pameran pendidkan dari mitra BTKP dan pentas seni daru sekolah maupun sanggar kesenian di DIY.

Ditambahkan Cholid, karya terbaik dari masing-masing kategori lomba akan diupload di jogjabelajar.org. “10 karya teebaik akan diupload di jogjabelajar.org,” pungkasnya. (Andi)

Check Also

Bandung-Masagi-Pendidikan-Karakter-Terbaru-di-Sekolah

Bandung Masagi, Pendidikan Karakter Terbaru di Sekolah

Edupost.id – Bandung Masagi merupakan model pendidikan karakter terbaru di sekolah yang dirumuskan Dinas Pendidikan Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *