Rabu , 7 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Bupati Sleman Janjikan Tunjangan Guru Honorer Jadi 1 Juta
guru
guru (foto: Indblgspt)

Bupati Sleman Janjikan Tunjangan Guru Honorer Jadi 1 Juta

Edupost.ID – Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan akan terus berusaha meningkatkan kesejahteraan guru honorer di wilayahnya. Salah satunya akan meningkatkan besaran tunjangan untuk mereka menjadi Rp 1 juta mulai tahun 2017.

Sri mengakui, jumlah honorer di Sleman masih tergolong besar. Untuk itu, pihaknya terus berusaha mengusulkan kepada pemerintah pusat agar mereka segara diangkat menjadi PNS.

“Kami upayakan nasibnya (Honorer K-2) kita tingkatkan, tahun ini yang per bulannya masih Rp 250 ribu itu akan kita tingkatkan jadi Rp 1 juta,” ujar Sri Purnomo.

Selain itu, Sri juga menyebut ada 7.485 PTT/GTT dan Pamong PAUD yang ada di Kabupaten Sleman. Bupati juga berjanji akan berupaya meningkatkan kesejahteraan mereka. Secara bertahap, Pemkab Sleman akan meningkatkan pendapatan mereka.

Meski pemkab berjanji akan meningkatkan nasib guru honorer maupun PTT/GTT, bupati meminta agar para kepala sekolah tidak mengurangi pendapatan mereka yang dianggarkan melalui BOS. Bupati berharap, tidak akan ada lagi guru honorer maupun PTT/GTT yang berpendapatan sangat rendah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman, Arif Haryono menyebut, SD Negeri dan SMP Negeri di Sleman masih kekurangan banyak guru PNS. Jumlah kekurangfan terbesar berada di tingkat SD.

“Ada kekurangan guru PNS, terutama di SD. Di SD kita kekurangan guru kelas, guru Penjas, dan guru agama. Di SMP kita kekurangan guru untuk beberapa mapel seperti BK, Matematika, IPS, dan TIK. Kalau dijumlah, ada kekurangan 785 guru PNS di sekolah negeri baik SD maupun SMP,” terang Arif.

Karena kekurangan guru inilah, akhirnya sekolah mengangkat guru honorer. Sumber pendapatan mereka berasal dari BOS, BOSDA, dan bantuan pemkab. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *