Selasa , 24 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Cara Pintar Siswa Hindari Tawuran antar Sekolah
Stop tawuran
Ilustrasi. Stop tawuran

Cara Pintar Siswa Hindari Tawuran antar Sekolah

Edupost.id, Bogor – Tawuran di kalangan pelajar masih menjadi masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini. Padahal, tawuran kerap memakan korban meski hanya berawal dari hal sepele. Tak jarang para pelaku tawuran adalah para siswa yang hanya ikut-ikutan temannya tanpa berpikir akibat buruknya. Namun demikian, masih banyak siswa yang menyadari bahaya tawuran sehingga memilih untuk menghindarinya.

“Cara saya untuk menghindari tawuran seperti menjauhi pergaulan yang tidak baik, memperkuat iman dan taqwa, beretika yang sewajarnya agar tidak memicu tawuran, menolak hal-hal yang berhubungan dengan tawuran, dan mentaati peraturan sekolah dan undang-undang yang berlaku,” ujar siswa kelas 11 SMAN 1 Bogor, Ahmad Yusuf kepada Edupost.id.

Ahmad mengungkapkan, tawuran merupakan penyakit bagi generasi muda. Karena tawuran merupakan hal tidak berguna dan hanya menimbulkan kerusakan bagi generasi muda. “Serta rusaknya fasilitas umum oleh tindakan mereka,” tambahnya.

Pendapat serupa disampaikan siswa kelas 12 SMAK Bogor, Agung Hanifianto, salah satu caranya yaitu menghindari tempat yang sedang terjadi aksi tawuran. Ia mengungkapkan, di lingkungan tempat tinggalnya sering terjadi tawuran. “Kalo yang saya tahu, mereka tawuran itu bukan karena mempermasalahkan sesuatu, tapi hanya sekedar mencari kesenangan,” jelasnya.

Menurutnya, tawuran antar kelompok dianggap sebagai kompetisi. “Itu yang terjadi di lingkungan saya,” tegasnya.

Sementara untuk pelaku tawuran biasanya kedua kelompok sebelumnya saling membuat janji melalui pesan singkat. Namun, Agung menyadari bahwa cukup sulit menanggulangi para pelaku tawuran. “Karena memang kemauan mereka dan dianggap sebagai kesenangan,” tuturnya. (Nisa)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *