Kamis , 23 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Daya Saing Dlobal Rendah, Perguruan Tinggi Perlu Berinovasi
Heru Setyawan ITS
Wakil Rektor ITS Heru Setyawan pada Seminar Pendidikan Java Education Festival 2017 di Jogja Expo Center (JEC).

Daya Saing Dlobal Rendah, Perguruan Tinggi Perlu Berinovasi

Edupost.ID – Indeks daya saing global Indonesia masih sangat rendah dibanding negara lain. Salah satu pendongkrak daya saing global adalah kualitas pendidikan tinggi di suatu negara. Di Indonesia, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi tidaklah mudah. Ini diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Heru Setyawan.

“11 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) ditugaskan oleh pemerintah untuk mendongkrak indeks persaingan global. Tapi anggaran yang kecil jadi masalah,” ujar Heru ketika menjadi pembicara Seminar Pendidikan Java Education Festival 2017 di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (14/1).

Heru menambahkan, kecilnya anggaran pemerintah untuk membiayai kebutuhan Perguruan Tinggi menjadi salah satu yang membuat sulitnya pendidikan tinggi di Indonesia berkembang. Untuk itu, perguruan tinggi wajib melakukan inovasi untuk menyiasati hal ini.

Saat ini, perguruan tinggi harus merncakup tiga hal, yakni pendidikan, riset, dan kewirausahaan. Untuk melakukan riset, bukanlah hal mudah mengingat dana dan fasilitas yang terbatas. Itulah sebabnya, perkembangan teknologi di Indonesia tidak mengalami perkembangan pesat.

Tak dipungkiri, kreativitas riset mahasiswa Indonesia cukup baik. Banyak ide – ide tercipta. Namun, sayangnya tidak semua ide itu dapat diaplikasikan secara nyata karena terkendala dana dan fasilitas.

“Sebenarnya ini bisa diatasi dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi asing yang memiliki fasilitas pernelitian yang lebih baik. Kelermahan dari kerjasama ini, ide riset harus dimiliki oleh dua pihak, tidak bisa menjadi milik kita sepenuhnya,” kata Heru.

Namun demikian, menurut Heru, ini tetap menjadi langkah terbaik yang bisa dilakukan. Kerjasama dengan perguruan tinggi lain menjadi salah satu inovasi yang dapat dilakukan sebuah perguruan tinggi. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *