Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Dikti Beri Penghargaan 257 Dosen dan Tendik Berprestasi

Dikti Beri Penghargaan 257 Dosen dan Tendik Berprestasi

Edupost.id – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan penghargaan kepada 257 dosen dan tenaga kependidikan berprestasi dalam ajang Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi. Keseluruhan penerima penghargaan ini terdiri dari 95 peserta dosen berprestasi, dan 162 peserta tenaga kependidikan berprestasi.

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti menjelaskan, penghargaan dibagi menjadi enam kategori, yakni kategori Dosen Berprestasi, kategori Pengelola Keuangan Berprestasi, kategori Administrasi Berprestasi, kategori Laboran Berprestasi, kategori Pustakawan Berprestasi, dan kategori Arsiparis Berprestasi. Pada tahap seleksi, tim juri telah memilih masing-masing 10 finalis per kategori untuk kemudian diuji mempresentasikan karya dan inovasinya.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah menjalankan profesinya dengan baik, khususnya dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi dan pelayanan di perguruan tinggi. Selain itu, memberikan motivasi dan inspirasi kepada para dosen dan tenaga kependidikan lainnya untuk terus berinovasi, kreatif, dan berprestasi,” ujar Dirjen Ghufron pada Malam Puncak Penganugerahan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tahun 2017 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta (30/10).

Ghufron menyebut, tahun ini khusus pada kategori dosen berprestasi akan dibagi menjadi dua bidang, meliputi bidang sains dan teknologi serta bidang sosial dan humaniora. Kedua bidang tersebut memiliki aspek penilaian yang berbeda, dan perannya pun sama-sama sangat strategis bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sedangkan pada tenaga pendidik tahun ini terdapat kategori baru, yakni Arsiparis Berprestasi. Sebelumnya, imbuh Ghufron, tenaga kependidikan masih belum diperhatikan. Oleh sebab itu, Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti memberikan kesempatan kepada tenaga kependidikan untuk meningkatkan kapasitasnya melalui beasiswa pendidikan dan berbagai pelatihan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dirinya berpesan kepada para tenaga kependidikan untuk setia pada profesinya. Sementara untuk para Dosen, dia mengimbau untuk terus berinovasi, bergerak mengejar ketertinggalan, serta produktif menulis publikasi.

“Indonesia selalu butuh Dosen hebat. Selanjutnya kami ingin ke depan memberikan penghargaan Academic Leader. Seorang dosen sebagai Academic Leader akan menghasilkan pemikiran baru yang memiliki gerbong, yakni anak didiknya untuk kebaruan dan inovasi. Sehingga menghasilkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Check Also

Monev PKM Dikti

Jelang Pimnas 2017, Kemenristekdikti Gelar Monev PKM di IPB

Bogor – Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi host dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *