Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Disdikpora DIY Anggarkan 9,18 M Dana Pendidikan
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

Disdikpora DIY Anggarkan 9,18 M Dana Pendidikan

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merencanakan belanja sebesar Rp 918 miliar yang tertuang dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2017.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, anggaran itu terdiri atas belanja langsung Rp 403 miliar dan belanja tak langsung Rp514 miliar. Di luar anggaran tersebut, masih ada dukungan dari pusat dana alokasi khusus (DAK) untuk para siswa SMA/SMK.

Dikatakan, sebagian besar anggaran tersebut untuk gaji PNS dan pembangunan sarana fisik sekolah. Ini terkait dengan alih kelola SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi yang membuat  Disdikpora DIY turut memiliki tanggungan terhadap 6.000 PNS yang sebagian besar tenaga kependidikan.

“Gaji itu kan di bawah DAU yang dulu di kabupaten sekarang pindah ke provinsi. Jelas belanja tidak langsung juga, yang lain untuk saran fisik SMA/SMK dan peralatan,” terang Baskara Aji.

Besaran nominal dari APBD tersebut, lanjutnya, juga dipergunakan untuk operasional setiap sekolah. Jika sebelumnya SMA/SMK itu diberikan Bosda Provinsi, saat ini anggaran sejenis Bosda itu akan masuk dalam anggaran rencana kerja anggaran (RKA) di setiap sekolah.

Selain itu, menurut Aji, pihaknya akan membuat aturan untuk membatasi besaran iuran yang diminta sekolah kepada orang tua siswa. SMA/SMK memang masih diizinkan menarik iuran kepada orang tua siswa, tetapi umlahnya akan dibatasi.

“Tidak boleh lebih dari angka angka yang ditetapkan, tegas Aji. (Andi)

Check Also

Mendikbud-Larang-Sembilan-Hal-Ini-saat-MOS

Pangkas Anggaran, Mendikbud Janji Pendidikan Tetap Prioritas

Edupost.id, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memastikan pengurangan anggaran tetap menjadikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *