Kamis , 18 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / Disdikpora DIY : USBN 8 Mapel Tak Perlu Dipersoalkan
Full-Day-School-Gebrakan-Mendikbud-Baru-Diprotes-Masyarakat
Siswa SD. (Foto: ant)

Disdikpora DIY : USBN 8 Mapel Tak Perlu Dipersoalkan

Edupost.id – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji menyebut, USBN SD dengan 8 mapel sebenarnya tak perlu dipersoalkan. Pihaknya meyakini, siswa DIY tak akan kesulitan mengerjakan 8 mapel pada USBN tahun ini.

“Secara prinsip tak ada perbedaan antara USBN SD dengan 8 mapel dengan US/M yang 3 mapel. 25% soal dari pusat dan 75% dai DIY,” ujar Aji.

Dikatakan Aji, pada tahun-tahun sebelumnya, tingkat kesulitan soal yang dibuat oleh pemerintah pusat jauh lebih mudah dibandingkan 75% soal yang dibuat oleh DIY. Sehingga, seluruh siswa DIY sudah terbiasa mengerjakan soal yang sulit.

Jika seluruh siswa berusaha mempersiapkan diri dengan baik, Aji yakin siswa DIY bisa mengerjakan USBN 8 mapel. “Saya yakin siswa DIY bisa mengerjakannUSBN 8 mapel,” katanya.

Seperti diberitakannsebelumnya, tahun ini pemerintah berencana mengubah ujian sekolah dari sebelumnya tiga mata pelajaran (mapel) menjadi delapan mapel untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dengan nama Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Soal anggaran, Aji menyebut telah menganggarkan pencetakan naakah soal tiga mapel melalui APBD. Namun, jika USBN akan tetap dilaksanakan dengan 8 mapel, pihaknya berharap pemerintah pusat membantu mengucurkan anggaran untuk pencetakan naskah soal untuk lima mapel.

Berdasarkan arahan dari pusat, jumlah mapel yang diujikan dalam USBN tahun ini terdiri dari delapan mapel. Kedelapan tersebut, antara lain, IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN, Agama, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, serta Seni Budaya dan Ketrampilan. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=