Senin , 5 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Disdikpora Sleman: Seandainya Memilih, Tetap Perlu Ada UN
Disdikpora Sleman : Seandainya Memilih, Tetap Perlu Ada UN
Disdikpora Sleman : Seandainya Memilih, Tetap Perlu Ada UN

Disdikpora Sleman: Seandainya Memilih, Tetap Perlu Ada UN

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman, Arif Hayono, mengatakan, Ujian Nasional (UN) masih perlu untuk dilaksanakan. Selama ini, UN di Sleman masih menjadi standar pemetaan mutu pendidikan yang baik.

Hal itu diungkapkan Arif ketika ditanya Edupost.ID mengenai kebijakan moratorium UN yang diwacanakan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy. “Seandainya boleh memilih,sebenarnya tetapperlu adanya ujian nasional,” kata Arif Kamis (30/11).

Arif menambahkan, ada beberapa nilai penting UN yang perlu diperhatikan. Meski tidak lagi menjai penentu kelulusan, UN di Sleman masih menjadi standar pemetaan yang baik. Selain itu,hasil UN juga menjadi standar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik SMP, SMA, bahkan perguran tinggi.

“Anak – anak kita termotivasi, terpacu. Guru- guru kita juga terpacu, malu kalau reratanya (rendah). Sehingga ini menimbulkan kesadaan kolektif pentingnya meningkatkan mutu pendidikan,” lanjutnya.
Namun, Arif tetap akan melaksanakan seandainya moratorium UN tetap dilaksanakan pada 2017. Pihaknya masih akan menunggu penjelasan resmi dari pemerintah pusat terkait moratorium ini.
Jika pemerintah daerah mendapat kewenangan membuat evaluasi pengganti UN, mestinya pemerintah pusat harus memberikan standar mengenai kualitas soalnya. Standar itulah yang akan dijadikan pedoman oleh daerah dalam membuat evaluasi.

“Bentuknya bisa naskah soalnya disiapkan oleh daerah kemudian sekolah melaksanakannya. Atau guru – guru menyusun soal didasarkan pada standar itu,” terangnya.

Diakui Arif, hingga saat ini pihaknya masih fokus mempersiapkan UN 2017. Saat ini, tengah dilakukan persiapan baik secara akademik maupun mental menghadapi UN 2017. (Andi)⁠⁠⁠⁠

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

UN Masih Dibutuhkan untuk Pemetaan

Edupost.ID – Meski tak lagi menjadi penentu kelulusan, keberadaan Ujian Nasional (UN) masih dianggap penting …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *