Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / DIY Berikan Reward Siswa tetap Sekolah di Daerah Sendiri
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

DIY Berikan Reward Siswa tetap Sekolah di Daerah Sendiri

Edupost.ID – Beralihnya wewenang pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi DIY otomatis menghapus sistem PPDB kuota tiap daerah pada PPDB 2017. Hal ini diprediksi akan berimbas pada banyaknya siswa lulusan SMP dari kabupaten lain di DIY yang akan masuk ke SMA/SMK di Kota Yogyakata.  Untuk mengantisipasi hal ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY akan memberikan reward tertentu kepada siswa yang tetap bersekolah di daerah masing – masing.

“Saya kira nanti sudah tidak menggunakan sistem kuota per kabupaten/kota lagi. Seperti misal, anak yang masuk dari Bantul ke Kota Jogja harus maksimal 20% itu tidak berlaku lagi, intinya kita tidak ingin membatasi,” terang Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji .

Pemberian reward ini menurut Aji dapat berupa beberapa kemungkinan. Misalnya, pemberian tambahan nilai, maupun kemudahan lain jika siswa tetap bersedia bersekolah di daerah yang terdekat dengan rumah masing – masing.

“Kalau kuota kan mengurangi hak seseorang untuk masuk ke sekolah tententu. Tapi kalau reward memberikan penghargaan kepada seseorang yang mau sekolah di daerahnya sendiri,” imbuhnya.

Pemberian reward ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk memeratakan penyebaran siswa di berbagai SMA/SMK di DIY. Seperti terjadi pada tahun – tahun sebelumnya, sekolah di Kota Yogyakarta tetap menjadi incaran siswa dari kabupaten lain di DIY, bahkan di luar DIY.

Kebijakan ini rencananya akan segera disosialisasikan oleh Disdikpora DIY sebelum menjadi ketentuanresmi PPDB SMA/SMK DIY tahun 2017.(Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *