Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / DIY Keberatan Jika Moratorium UN di 2017
Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali
Pelaksanaan ujian nasional. ilustrasi (foto: blogspot)

DIY Keberatan Jika Moratorium UN di 2017

Edupost.ID – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merasa keberatan jika pemerintah pusat memutuskan moratorium pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2017. Hal ini dikarenakan sekolah di DIY mayoritas belum mempersiapkan syarat kelulusan maupun sebagai syarat untuk memasuki pendidikan jenjang selanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pelaksanaan moratorium UN di tahun 2016-2017 sangat terburu-buru. Pelaksanaan kebijakan baru seharusnya butuh persiapan yang matang dan tidak dalam waktu yang singkat. Setiap kebijakan baru idealnya perlu disosialisasikan secara matang.

“Belum siap. Karena ini mendadak sekali. Sementara persiapan dan anggaran belum ada,” tegasnya di Yogyakarta.

Anggaran diperlukan untuk menerapkan kebijakan baru ini. Salah satunya membuat standar pengganti UN. Sehingga menurut Aji, idealnya moratorium UN baru bisa diterapkan pada 2018.

Ditambahkan, saat ini pihaknya dan sekolah-sekolah di DIY sedang mempersiapkan diri melaksanakan UN 2017. Meski tidak menjadi penentu kelulusan, UN di daerah masih menjadi syarat utama seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Efendi menargetkan akan menerapkan moratorium UN pada 2017 sesuai keputusan Mahkamah Agung 2009 lalu. Penentu kelulusan akan diganti dengan beberapa standar nasional yang harus dipatuhi oleh masing-masing penyelenggara dan akan diawasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (Andi)

Check Also

Moratorium UN Dapat Dukungan dari Kalangan Guru

Edupost.ID – Kebijakan moratorium Ujian Nasional yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *