Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / DIY Pastikan 100 Persen SMP, SMA, SMK Siap Gelar UNBK
UNBK 2016
Siswa sedang mengikuti UNBK 2016 tingkat SMA (foto: Nisa Edupost)

DIY Pastikan 100 Persen SMP, SMA, SMK Siap Gelar UNBK

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di seluruh SMP, SMA, dan SMK di wilayah ini. Sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer untuk UNBK, dapat menggunakan fasilitas komputer di sekolah lain.

Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, jumlah sekolah yang belum siap menggelar UNBK sendiri paling banyak adalah SMP karena baru 50 persen yang siap. Sementara SMA hanya 25 persen yang belum siap, dan SMK hanya ada sekitar 11 sekolah yang belum siap.

“SMK yang harus gabung ke sekolah lain hanya ada sekitar 11 sekolah, tapi kan bisa pakai fasilitas SMA. Untuk SMA yang harus gabung ada 25 persen, SMP ada 50 persen. Semua sudah diatur, dan siap melaksanakan UNBK dengan menggabung ke sekolah lain,” terang Aji di ruang kerjanya, Kamis (12/1).

Ditambahkan Aji, hingga saat ini pihaknya sedang dalam tahap pengaturan penggabungan sekolah. Diupayakan, sekolah yang belum siap menggelar UNBK sendiri dapat menggabung ke sekolah terdekat. Namun, Aji menjamin semua peserta ujian sekolah SMP, SMA, dan SMK akan bisa mengerjakan UNBK.

“Saat ini tinggal hitung – hitungan jauh dekatnya sekolah saja. Perhitungan jumlah sudah selesai. Saya juga sudah bertemu dengan kepala sekolah yang akan ditumpangi, mereka sudah tidak ada masalah,” imbuhnya.

Terkait persiapan teknis, Aji juga meminta sekolah yang akan menjadi lokasi UNBK dapat memberikan kesempatan kepada peserta dari sekolah lain untuk melakukan uji coba UNBK. Aji berharap, semua sekolah bisa menggelar uji coba secara matang.

Provinsi DIY menargetkan seluruh SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA baik negeri maupun swasta di wilayah ini dapat menggelar UNBK tahun ini. Hanya SD, MI, dan SLB yang masih akan mengerjakan ujian tertulis. (Andi)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

Sekolah di Kabupaten Bogor Tidak Semua Ikut UNBK

Edupost.id- Hanya sebanyak 144 SMP di Kabupaten Bogor yang tahun ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *