Senin , 24 April 2017
Home / Berita Pendidikan / DIY Siap Jadi Tuan Rumah Aksioma, KSM, LKTI, dan Ekspo Madrasah 2017
Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016
(ilustrasi) Jawa Timur Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016 (foto: Kemenag)

DIY Siap Jadi Tuan Rumah Aksioma, KSM, LKTI, dan Ekspo Madrasah 2017

Edupost.ID – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Ajang Kompetisi Seni dan Olah raga Madrasah (Aksioma), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Expo Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2017 mendatang. Hajat nasional ini akan digelar pada 7-12 Agustus mendatang.

Terkait hal ini, Gubernur DIY Sri Sultan HB X memberikan dukungan atas terpilihnya DIY menjadi tuan rumah pelaksanaan hajatan madrasah ini. Hal ini ditegaskan Gubernur saat menerima audiensi dari Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag RI dan Kanwil Kemenag DIY, Jumat (6/1) di Kepatihan Yogyakarta. Hadir dalam kesempatan ini Kakanwil Prof. Nizar Ali, Kabid Pendidikan Madrasah Edhie Gunawan, Kasubdit Kesiswaan Ida Nurkosim, dan Kasi pada Bidang Penmad DIY.

Sultan berharap, perhelatan ini juga dapat menjadi ajang memperkenalkan budaya Yogyakarta di level nasional. Untuk itu, pihaknya berharap, Kanwil Kemenag DIY dapat menggandeng Dinas Kebudayaan DIY.

Sultan meminta, peserta dari Madrasah Ibtidaiyah nantinya agar dapat menginap di rumah warga dibanding menginap di hotel. Raja Kasultanan Yogyakarta itu menganggap, menginap di rumah warga lebih aman bagi anak usia MI. Selain itu, pola ini juga akan membawa manfaat lebih karena dapat membangun komunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

“Biasanya para peserta yang masih kecil ditemani orang tuanya dan itu lebih aman jika menginap di rumah warga,” ujar Sultan.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama DIY, Nizar Ali juga menyatakan kesiapannya menggelar ajang besar ini. Ia juga mengharapkan dukungan dan masukan dari Gubernur untuk pelaksanaan hajat akbar ini.

“Kami siap menindaklanjuti arahan Gubernur untuk audiensi kepada Bupati Sleman dan Walikota Yogyakarta,” kata Nizar.
Kegiatan Aksioma, KSM, LKTI, dan Madrasah Ekspi sesuai rencana akan diikuti oleh 4.100 siswa madrasah yang merupakan hasil seleksi dari seiap provinsi. Acara pembukaan akan digelar di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Rencananya, acara ini akan dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X. (Andi)

Check Also

Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016

Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016

Edupost.id – Provinsi Jawa Timur berhasil meraih juara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ke-5 Tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *