Minggu , 26 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / DIY Tidak Targetkan Kelulusan UN, tapi Kedepankan Kejujuran
Ujian Nasional (UN)
Siswa mengikuti ujian nasional (UN)

DIY Tidak Targetkan Kelulusan UN, tapi Kedepankan Kejujuran

Edupost.id, Yogyakarta – Meski hasil UN tidak lagi nenentukan kelulusan siswa, pihak dinas pendidikan daerah maupun sekolah tetap berusaha untuk memberikan bekal terbaik untuk siswa-siswanya. Hal ini juga dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY. Namun, jika berbicara mengenai target hasil UN tahun ini, Dinas setempat menyatakan tidak akan memasang target kelulusan, karena kejujuranlah yang terpenting untuk dikejar.

Kepala Dikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyebut, pihaknya memang tidak akan memasang target kelulusan. Pihaknya hanya berharap, siswa DIY tetap mengedepankan kejujuran dalam mengerjakan ujian. “Dari dulu kami tidak pernah menargetkan menargetkan persentase kelulusan di DIY. Bagi kami yang terpenting UN dilaksanakan dengan jujur,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tidak menampik pentingnya perolehan nilai yang tinggi dalam UN. Nilai yang baik akan memudahkan siswa masuk ke perguruan tinggi yang baik atau juga bermanfaat dalam mencari pekerjaan. Aji sangat yakin, jika seorang siswa mengedepankan kejujuran dalam UN, maka hasil terbaik akan mudah diperoleh. “Berprestasi dan jujur merupakan dua hal yang wajib bagi DIY dalam penyelenggaraan UN,” imbuh Aji.

Dikatakannya, selama ini DIY dikenal sebagai daerah yang paling jujur dalam penyelenggaraan UN di Indonesia. Bahkan, pada tahun lalu ada siswa DIY yang justru melaporkan adanya bocoran soal UN. Tidak hanya itu, prestasi siswanya juga tak kalah dengan daerah lain. Oleh karenanya, Aji tetap menghimbau kepada seluruh siswa calon peserta UN, sekolah, maupun orang tua untuk turut menyukseskan penyelenggaraan UN tahun ini.

UN SMA/MA akan berlangsung 4-12 April 2016, dan UN SMK akan berlangsung 4-7 April 2016. (Andi)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *