Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Dorong Inovasi Kewirausahaan, Kemdikbud Gelar FIKSI 2017
Kemdikbud Gelar FIKSI 2017
Kemdikbud Gelar FIKSI 2017

Dorong Inovasi Kewirausahaan, Kemdikbud Gelar FIKSI 2017

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Dasar dan Menengah kembali menggelar Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2017, 11 – 16 September 2017 di Kota Bandung Jawa Barat.

“Ajang kompetisi kewirausahaan tingkat SMA/ MA ini tetap kami pertahankan sebagai upaya untuk mendorong inovasi generasi muda dalam berwirausaha, khususnya dalam pengembangan model pelajaran kewirausahaan di sekolah sebagai wujud penguatan pendidikan karakter siswa, dan optimalisasi potensi industri ekonomi kreatif di Indonesia, ” tutur Direktur Pembinaan SMA, Purwadi Susanto, dikutip dari laman Kemdikbud.

Tahun ini, FIKSI diikuti oleh 689 peserta yang berasal dari 32 Provinsi dengan 454 rencana bisnis. Jumlah ini meningkat tiga kali lipat dari peserta tahun lalu yang hanya diikuti oleh 200 peserta dari 22 Provinsi.

Melalui peniliaian yang dilakukan secara online pada tanggal 15 – 19 Agustus 2017 tersisa 75 rencana bisnis yang berhasil lolos di tahap final. Mereka selanjutnya akan mempresentasikan dan memamerkan produk mereka dalam Pameran Kewirausaha yang juga diadakan di kota Bandung.

Selama Pameran Kewirausahaan, para finalis akan mengikuti kunjungan ke beberapa industri kreatif di kota Bandung, pelatihan penulisan rencana bisnis, workshop creative innovative thinking, penguatan motivasi dan karakter kebangsaan, dan diakhiri dengan kunjungan kebudayaan.

“Generasi muda yang inovatif dalam berwirausaha adalah generasi yang produktif dan memiliki potensi besar untuk menjadi tulang punggung perekonomian melalui sumbangsihnya di bidang industri kreatif. Karenanya, sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mendorong mereka melalui kegiatan unjuk gigi yang bermanfaat seperti FIKSI. Untuk itu teruslah bersemangat para siswa Indonesia untuk berinovasi dalam berwirausaha,” pesan Purwadi. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *