Senin , 29 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Dosen UI: LGBT Langgar Norma dan Nilai di Indonesia
propaganda lgbt
iklustrasi kelompok lgbt. dok. EPA/Ritchie

Dosen UI: LGBT Langgar Norma dan Nilai di Indonesia

Edupost.ID, Depok – Propaganda Lesbian Gay Biseksual Trangender (LGBT) di Indonesia kian marak akhir-akhir ini. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI, Ricardi S. Adnan menilai, fenomena LGBT yang berkembang di negara kita merupakan imbas dari masuknya budaya luar. Padahal, budaya LGBT tersebut melanggar norma dan nilai di Indonesia baik di mata masyarakat maupun agama.

“Mengingat norma dan nilai yang berkembang dalam komunitas ini didominasi oleh barat (orang luar) yang menjunjung freedom dan human right  maka merupakan konsekuensi logis LGBT bertolak belakang dengan norma Islam dan juga ke-Indonesia-an,” ungkapnya kepada Edupost.ID.

Ricardi juga menyebutkan, ia menolak keberadaan LGBT di Universitas Indonesia (UI) seperti yang disampaikan humas UI. Sebelumnya, UI sempat dikabarkan melegalkan organisasi LGBT buatan mahasiswa di sana. Hingga akhirnya humas UI mengeluarkan press release yang menyatakan bahwa UI tidak pernah melegalkan keberadaan organisasi semacam itu karena tidak berpihak kepada nilai, norma, dan aturan di UI.

“Khususnya mengenai pemakaian atribut UI dan menghilangkan atau mengurangi image negatif akibat kecaman dari banyak pihak bahwa UI melegalkan persepsi LGBT,” tegasnya.

Sebagai dosen, ia menyadari banyak yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala LGBT. “Paling tidak, kita perlu mengurai mata rantai fenomena ini seraya menemukan inti persoalan dari setiap kasus (tidak ada kasus yang persis sama),” terangnya.

Ia menambahkan perlu adanya ruang diskusi baik bagi para penderita LGBT maupun generasi muda. “Tentu saja kita memiliki tanggung jawab,” tuturnya. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *