Jumat , 26 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Dua Puluh Pelajar Indonesia Maju ke Olimpiade Internasional
Dua-Puluh-Pelajar-Indonesia-Maju-ke-Olimpiade-Internasional
Dua Puluh Pelajar Indonesia Maju ke Olimpiade Internasional

Dua Puluh Pelajar Indonesia Maju ke Olimpiade Internasional

Edupost.id – Sebanyak 24 pelajar Indonesia siap berlaga di olimpiade internasional Juli mendatang. Mereka akan mengadu kemampuannya di bidang tersebut adalah Seni Rupa, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, dan Debat.

Mereka adalah para pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2015, sedangkan peserta kompetisi internasional untuk bidang Seni Rupa merupakan hasil seleksi dari para pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2015. Sementara, peserta lomba debat internasional dipilih melalui seleksi lomba debat di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional, yaitu National School Debating Championship (NSDC) tahun 2015.

Kompetisi internasional untuk bidang seni rupa, yaitu The International High School Festival, akan berlangsung di Tokyo, Jepang. Wakil Indonesia, yaitu Rifqi Aditya, dari Bontang, Kalimantan Timur, akan berangkat pada 30 Juni 2016, hingga 3 Juli 2016.

Olimpiade Internasional Biologi ke-27, atau 27th International Biology Olympiad (IBO), akan berlangsung pada 16 s.d 24 Juli 2016 di Hanoi, Vietnam. Sebanyak empat pelajar Indonesia akan bersaing dengan 274 siswa dari total 69 negara peserta.

Olimpiade Internasional Kimia ke-48, atau 48th International Chemistry Olympiad (IChO), akan diselenggarakan di Tbilisi, Georgia, pada akhir Juni hingga 2 Juli 2016. Sebanyak empat pelajar Indonesia akan berkompetisi dengan ratusan peserta dari 80 negara, dengan lima negara sebagai observer atau pengamat, tanpa mengikutsertakan peserta.

Olimpiade Fisika Internasional ke-47, atau 47th International Physics Olympiad (IPhO) akan diadakan di Zurich, Swiss, pada 10 Juli hingga 18 Juli 2016. Sebanyak lima pelajar Indonesia akan berjuang memperebutkan medali emas, bersaing dengan ratusan peserta dari 84 negara.

Olimpiade Matematika Internasional ke-57, atau 57th International Mathematical Olympiad (IMO) akan berlangsung di Hongkong, pada tanggal 6 hingga 16 Juli 2016. Ada enam pelajar Indonesia yang akan menjadi peserta olimpiade ini. Mereka akan berkompetisi dengan 616 peserta lainnya yang berasal dari 117 negara.

Kejuaraan Lomba Debat Sekolah tingkat Dunia ke-28, atau 28th World School Debating Championship (WSDC) akan diselenggarakan di Stuttgart, Jerman, pada 19 s.d 29 Juli 2016. Indonesia akan mengirimkan dua tim, yaitu Tim Turnamen (diwakili empat pelajar yang menjadi peserta), dan Tim Observer Penyelenggaraan (Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud dan beberapa pihak lain). (Kemdikbud)

Check Also

Ilmuwan Pelajar Indonesia Juarai Kompetisi di Malaysia

Pelajar Indonesia Juarai Kompetisi Ilmiah di Malaysia

Edupost.id – Tim peneliti muda MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih medali perak dalam kompetisi karya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *