Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Dua Santri Indonesia Raih Medali Emas Kompetisi di Thailand

Dua Santri Indonesia Raih Medali Emas Kompetisi di Thailand

Jakarta- Dua santri Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa dengan meraih medali emas pada kompetisi agribisnis “The 36th National Academic Conference of the Future Farmers of Thailand Organization”. Mereka adalah Aji Zulfikar dari Pesantren Darul Maarif, Sintang, Kalimantan Barat, dan Izza Nur Layla dari Pesantren Nurul Islam, Jember, Jawa Timur.

Pelaksana Subdit Pendidikan Pesantren Kementerian Agama RI, Mohammad Zen menyampaikan kepada pers di Jakarta, bahwa kedua santri tersebut diutus oleh Kementerian Agama untuk belajar agribisnis di Pattani College of Agricultural Technology and Fishery Thailand.

Mohammad Zen mengungkapkan rasa bangganya, seperti dikutip Antara, “Ini merupakan bukti bahwa santri bisa berprestasi, tidak hanya bidang agama, namun dalam agribisnis pun mereka mampu bersaing di negara lain,” ujarnya.

Dua santri asal Indonesia tersebut meraih medali emas untuk kategori demonstrasi keahlian profesional dengan menyajikan tentang sistem penanaman hydroponic, bersaing dengan peserta dari Filipina, Cambodia, Jepang, dan Tiongkok.

Kompetisi bidang agribisnis tersebut diselenggarakan FFT di Tak College of Agriculture and Technology, Rahang, Provinsi Tak, Thailand Utara pada 9-14 Februari 2015.  FFT merupakan organisasi pelajar berbasis agrikultur se-Thailand yang menggelar kompetisi tahunan. Kompetisi yang diperlombakan meliputi kategori pertamanan, demonstrasi keahlian profesional, serta penampilan seni dan budaya nasional.

Selain dua santri tersebut, ada dua santri lainnya yang meraih medali perak untuk kategori pertamanan yaitu Said Muammar Bayukarizki asal Pesantren Darul Falah Batam dan Maulana Yusuf asal Bandar Lampung. Selain itu, ada sembilan santri yang ikut tampil dengan membawakan tari saman yang dikolaborasikan tari “dikehulu” yakni tari asli dari Thailand selatan. Penampilan santri Indonesia ini mendapat apresiasi dari penonton.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *