Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Berita Pendidikan / Empat Standar Kompetensi ini Wajib Dikuasai oleh Guru
guru
Ilustrasi. Guru

Empat Standar Kompetensi ini Wajib Dikuasai oleh Guru

Edupost.ID – Guru hingga saat ini masih menjadi ujung tombak pembangunan pendidikan Indonesia. Karenanya, guru yang memiliki kompetensi tinggi, sangatlah dibutuhkan dalam membangun pendidikan di negeri ini. Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sugeng Andono menyebut ada empat standar kompetensi yang wajib dikuasai oleh setiap guru.

“Ada empat standar kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, di antaranya adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan juga profesional. Semua itu belum sepenuhnya dikuasai oleh guru, terutama kompetensi profesional,” kata Sugeng dalam perbincangan bersama Edupost.ID di kediaman pribadinya, Wonosari Gunungkidul Rabu (21/12).

Dijelaskan Sugeng, kompetensi pedagogik mengharuskan guru memahami kondisi siswa, dan menguasai hal – hal yang terkait pedagogik. Kompetensi kepribadian menuntut guru untuk menjadi panutan siswa – siswanya. Di sini, guru harus memiliki perilaku yang baik seperti pepatah Jawa, guru digugu lan ditiru (guru dipercaya dan dicontoh).

Sementara, kompoetensi sosial mengharuskan guru untuk mampu bekerjasama dengan pihak lain, baik dengan sesama guru, sekolah, maupun masyarakat. Seringkali, menurut Sugeng, masih ditemui ada guru yang belum memiliki kompetensi sosial, dalam artian belum bisa berkomunikasi dan bekerjasama secara baik dengan orang lain.

Kompetensi yang sangat penting adalah kompetensi profesional. Guru tidak hanya dituntut memahami materi terkait mata pelajaran, tetapi juga harus mampu menyampaikannya materi itu dengan baik kepada siswanya.

“Apa yang disampaikan oleh guru terkait mata pelajaran ke siswa tidak hanya ilmunya, tapi juga teknik, kemudian cara – cara, dan bagaimana sesuatu itu bisa menarik ketika disampaikan ke siswa,” imbuh Sugeng.

Sugeng menyontohkan, seorang guru harus mampu membuat media pembelajaran yang baik. Media yang dimaksud, dapat memanfaatkan alat peraga sederhana, maupun menggunakan teknologi informasi.

Jika empat standar kompetensi ini mampu dikuasai oleh guru, maka harapan terbentuknya guru berkualitas akan semakin terbuka. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *