Selasa , 24 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Enam Perguruan Tinggi yang Menerima Penghafal Qur’an
STEI-SEBI
STEI-SEBI. (Foto: blog)

Enam Perguruan Tinggi yang Menerima Penghafal Qur’an

Edupost.id – Beberapa perguruan tinggi di Indonesia membuka kesempatan kuliah bagi calon mahasiswa yang memiliki kelebihan tertentu diantaranya hapal Al Qur’an atau hafidz. Para calon mahasiswa tersebut diperbolehkan kuliah tanpa tes terlebih dahulu. Berikut ini daftar perguruan tinggi yang menerima mahasiswa dari kalangan hafidz.

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII membuka Beasiswa Hafidz Al-Quran bagi hafidz 15 juz dan 30 juz. Seleksi Beasiswa Hafidz Al-Qur’an diselenggarakan pada awal Tahun Akademik 2015/2016 (setelah mahasiswa baru memulai perkuliahan secara resmi di UII), dengan mengikuti jadwal akademik yang berlaku.

2. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atau yang lebih dikenal dengan UIN Maliki atau UIN Malang membuka beasiswa bagi penghafal Quran melalui jalur Mandiri Prestasi. Minimal hafalan peserta yaitu 10 juz.

3. Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Para hafidz Al-Qur’an yang menginginkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi bisa mendaftar di UNISSULA melalui jalur beasiswa. Dana beasiswa ini diperoleh dari Dana Rutin Pengembangan (DRP) yang mencapai 100 %.

4. STEI SEBI

STEI SEBI menyediakan program “Beasiswa Hafidz Quran Ahli Ekonomi Syariah”. Beasiswa ini merupakan kerjasama STEI SEBI dengan beberapa donatur. Beasiswa Hafidz Qur’an Ahli Ekonomi Syariah adalah beasiswa bagi generasi muda penghafal Al-Qur’an untuk dididik dan dibina menjadi hafidz/ah Qur’an yang memahami dan mampu mengaplikasikan ekonomi syariah.

5. UICCI – Turki

Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, bekerja sama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turki/United Islamic Cultural of Indonesia-Turkey (UICCI) mengadakan Program Beasiswa Tahfidz Al-Quran (PBTQ). Peserta yang Lulus seleksi berhak untuk mengikuti program pendidikan non degree di Indonesia dan di Turki. Tahun ini, pendaftaran PBTQ dimulai pada 1 Maret – 22 April 2015 di Kantor Wilayah Kemenag Provinsi.

6. STAIN Meulaboh

Sekolah Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh menyediakan kuota beasiswa kepada calon mahasiswa tahkim dan tahfidz Quran. Program tersebut merupakan bagian dari terobosan pencapaian Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) yang merupakan kriteria minimal tentang pembelajaran pada perguruan tinggi. (Nisa)

(Baca juga : Daftar Perguruan Tinggi yang Menerima Penghafal Qur’an)

Check Also

Cara-Menghafal-Al-Quran-Semudah-Al-Fatihah

Walikota Padang Ingin Warganya Hapal Al Qur’an

Edupost.id, Padang – Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo ingin warganya semakin banyak yang menghafal Al-Qur’an. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *