Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / FSGI Temukan Kunci Jawaban Soal UN Bahasa Inggris SMP
Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun
Siswa SMP

FSGI Temukan Kunci Jawaban Soal UN Bahasa Inggris SMP

Edupost.id, Jakarta – Ujian Nasional (UN) SMP sudah berlangsung sejak 9-12 Mei 2016. Hingga hari ketiga pelaksanaan UN, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menemukan kunci jawaban soal UN Bahasa Inggris.

Hari ketiga, Posko FSGI menerima laporan dari seorang guru pengawas di Jakarta yang mendapatkan kunci jawaban dari peserta UN yang diawasinya. Kebetulan rekan mengawas satu ruangan saat itu adalah guru Bahasa Inggris dan saat dicocokan dengan soal cadangan di kelas ternyata sesuai. Namun, siswa yang membawa kunci jawaban belum dimintai keterangan.

“FSGI memperoleh foto soal dan kunci jawaban tersebut yang isinya memang tepat. Ini UN PBT Bahasa Inggris SMP. Kami Kamis besok akan melaporkan seluruh pemantauan ke Inspektorat Jenderal Kemdikbud RI agar bisa ditindaklanjuti,” ujar Heru Purnomo, Ketua SEGI Jakarta.

Selain itu, di hari kedua dan ketiga, FSGI juga menerima laporan dari orangtua siswa dan seorang guru bahasa Inggris yang menyebutkan soal UN SMP Matematika dan Bahasa Inggris terlalu sulit. Bahkan banyak siswa yang sampai menangis karena soal seperti itu tidak ada dalam kisi-kisi soal dan belum pernah diajarkan di sekolah.

Temuan FSGI berdasarkan laporan yang masuk ke Posko Pemantauan UN SMP sejak Minggu 8 Mei 2016 dan akan ditutup Kamis, 12 Mei 2016.

Pada hari pertama UN SMP, FSGI hanya menerima laporan pengaduan sebanyak lima laporan yang berasal dari Jakarta Utara, Jakarta Pusat , Jakarta Timur, Medan, dan Mataram. Laporan seputar UN yang berjalan lancar dan soal Bahasa Indonesia yang dianggap cukup mudah bagi para siswa. (IK-SS)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *