Rabu , 18 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Full Day School, Gebrakan Mendikbud Baru Diprotes Masyarakat
Full-Day-School-Gebrakan-Mendikbud-Baru-Diprotes-Masyarakat
Siswa SD. (Foto: antara)

Full Day School, Gebrakan Mendikbud Baru Diprotes Masyarakat

Edupost.id – Kebijakan Full Day School, gebrakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang baru, Muhadjir Effendy, diprotes masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang mengatakan bahwa dengan pulang jam 05.00 WIB, siswa menjadi stres dan waktu untuk keluarga menjadi berkurang.

“Anak sekarang sekolahnya suka jauh dari rumah. Ini kalo jam lima baru balik, mau nugas jam berapa? Interaksi sama keluarga kapan?,” tulis Husna Ukrina, dalam akun pribadinya, twitter.

Pendapat senada juga disampaikan warga asal Merauke, Papua, Siti Khadijah. Ia mengatakan di luar negeri sekolah pulang pukul 05.00, namun untuk anak kelas 1 -3 diterapkan jam tidur siang. Semantara itu di SD IT anaknya, sudah menerapkan Full Day School. Namun, kegiatan tidak hanya belajar, tetapi diisi dengan snack time, hafalan, bermain, dan lainnya. Sekolah juga hanya sampai kamis karena sabtu ssiwa diwajibkan mengikuti kegiatan Market Day.

Pendapat berbeda disampaikan warga asal Jakarta, Regita Rafinna. “Tergantung jenis dan intensitas kegiatan yang diberikan sekolah dalam waktu selama itu. Kalau dari pagi sampe jam lima itu full belajar aja yang ada stres. Teruntuk wilayah terpencil dan sulit akses, sebaiknya jangan atau lebih tepatnya belum dulu lahhh, belum cocok dan mumpuni,” ungkapnya.

Sementara itu, warga asal  Surabaya, Wynie Zadah membenarkan bahwa untuk sekolah yang berada di luar Jawa perlu dibutuhkan fasilitas dan tenaga pengajar yang mumpuni. Ini hanya berlaku di kota besar dan jika Persyaratan dasar Full Day School suda terpenuhi. Kebijakan perlu observasi lapangan dan SOP. Memang untuk yang orangtuanya sama-sama bekerja ini menguntungkan. (Nisa)

Check Also

Kartu-Indonesia-pintar

Pencairan KIP di Daerah Dipantau Kemendikbud

Edupost.ID- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi Pulau Barrang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *