Minggu , 19 Februari 2017
Home / Berita Pendidikan / Fungsi Komite Sekolah Bukan Hanya Menggalang Dana
Fungsi Komite Sekolah Bukan Cuma Menggalang Dana
Fungsi Komite Sekolah Bukan Cuma Menggalang Dana (foto: Kemendikbud.blgspot)

Fungsi Komite Sekolah Bukan Hanya Menggalang Dana

Edupost.ID- Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, Komite Sekolah bukan hanya berfungsi menggalang dana. Namun setidaknya ada empat tugas Komite Sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 terkait komite Sekolah.

Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 3 ayat (1) disebutkan, Komite Sekolah bertugas mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan berkaitan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah atau rencana kerja dan anggaran sekolah. Kriteria kinerja sekolah, kriteria fasilitas pendidikan di sekolah dan kerja sama sekolah dengan pihak lain.

Inspektur Jenderal kemendikbud, Daryanto mengatakan “Menggalang dana bukan satu-satunya tugas Komite Sekolah. Komite Sekolah juga harus bisa memastikan kualitas pendidikan di sekolah baik dan meningkat. Komite Sekolah juga tidak boleh sembarangan didirikan. Pembentukan Komite Sekolah harus mengikuti ketentuan dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah,” ujar Daryanto.

Terdapat satu ketentuan baru yang diatur dalam Permendikbud tersebut, yaitu anggota Komite Sekolah tidak boleh terdiri dari unsur pendidik dan tenaga kependidikan dari sekolah yang bersangkutan. (Kemendikbud/Inan)

 

Check Also

Kemendikbud Dorong Perkembangan Film yang Mendidik

Edupost.id- Melalui pusat pengembangan Perfilman (Pusbangfilm), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut memberikan apresiasi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *