Senin , 19 Februari 2018
Home / Berita Pendidikan / Gagal Lulus UN, Hasil Seleksi SNMPTN Dipastikan Batal

Gagal Lulus UN, Hasil Seleksi SNMPTN Dipastikan Batal

Edupost.id – Tahun ini, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak menggunakan nilai Ujian Nasional (UN) ataupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMA/SMK. Meski tidak menggunakan nilai UN ataupun USBN, seleksi masuk PTN tetap mempertimbangkan kelulusan siswa pada dua ujian tersebut.

Berdasarkan ketentuan panitia, apabila siswa dinyatakan lulus dalam SNMPTN, namun tidak lulus UN/USBN, maka status lulus seleksi PTN-nya secara otomatis bakal dibatalkan. Kelulusan siswa pada jenjang SMA/K atau sederajat, yang didalamnya juga memuat komponen UN/USBN, juga menjadi syarat penting dalam kelulusan seleksi PTN. Akan tetapi, nilai UN tidak digunakan dalam seleksi.

Seleksi penerimaan tahun ini menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik siswa atau yang pada tahun-tahun sebelumnya dikenal dengan jalur undangan. Pelaksanaan SNMPTN diawali dengan pengisian dan Verifikasi PDSS pada 13 Januari – 10 Februari 2018. Pendaftaran SNMPTN dilakukan pada 21 Februari – 6 Maret 2018.

Pengumuman SNMPTN dilaksanakan pada 17 April 2018. Sedangkan hasil UN/USBN diperkirakan belum bisa diumumkan pada April. Oleh karenanya, nilai UN/USBN tidak mempengaruhi kelulusan dalasm SNMPTN. (Andi)

Check Also

Pendaftar SNMPTN Bisa Pilih Dua PTN dan Tiga Prodi

Edupost.id – Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018, pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *