Rabu , 23 Mei 2018
Home / Berita Pendidikan / Gala Siswa Indonesia – Daripada Berkelahi di Jalanan, mending di Lapangan
Gala Siswa Indonesia
Gala Siswa Indonesia

Gala Siswa Indonesia – Daripada Berkelahi di Jalanan, mending di Lapangan

Edupost.id – Lebih dari 144 ribu siswa dari 8.100 sekolah  di seluruh Indonesia telah mendaftar sebagai peserta turnamen Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat SMP. Pemerintah menyambut baik animo tinggi peserta, terlebih turnamen tersebut juga ajang pencarian bibit-bibit tim nasional under-16 (U-16).

Mendikbud, Muhadjir Effendy menyampaikan, untuk membangun tradisi sepak bola di lingkungan sekolah memang tidak mudah. Terlebih, hingga kini ketersediaan lapangan sepak bola di setiap sekolah masih sangat minim. Karenanya, Kementerian pun akan segera menghitung jumlah lapangan sepak bola yang ada, untuk kemudian nantinya ditambah sesuai kebutuhan.

Sementara itu, pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafri menyebutkan, GSI memungkinkan Indonesia menyaring bakat terbaik dalam ruang lingkup yang lebih luas. Tidak seperti kompetisi sekolah sepak bola (SSB), GSI melibatkan lebih banyak pemain karena diikuti oleh seluruh siswa SMP di seluruh Indonesia.

“Kalau mengadakan kompetisi antarsekolah, semua sekolah pasti ikut. Tapi kan kalau SSB tidak mungkin semua ikut karena ada pesepak bola yang tidak sekolah,” tambahnya.

Pertandingan Gala Siswa telah berlangsung sejak awal Januari 2018, yang diisi dengan pertandingan tingkat kecamatan. Selanjutnya, pada awal Maret hingga pertengahan Agustus 2018 mendatang, turnamen akan meningkat ke level kabupaten/kota, terus berlanjut ke tingkat provinsi pada tanggal 1 hingga 14 September 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=