Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Gebyar Anugerah Ki Hajar, Apresiasi bagi Insan Pendidikan
Gebyar Anugerah Ki Hajar, Apresiasi bagi Insan Pendidikan
Gebyar Anugerah Ki Hajar, Apresiasi bagi Insan Pendidikan

Gebyar Anugerah Ki Hajar, Apresiasi bagi Insan Pendidikan

Edupost.id – Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menggelar Gebyar Anugerah Ki Hajar 2016 tingkat DIY. Ajang ini bertujuan memberikan apresiasi kepada siswa dan guru dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran. Para juara di tingkat provinsi akan dikirimkan ke tingkat nasional.

Ketua Anugerah Ki Hajar DIY, Mulyanta mengatakan, anugerah Ki Hajar di DIY memang tidak semuanya mengacu pada ketentuan dari Kemdikbud. Menurutnya, ketentuan dari Kemdikbud ajang ini hanya berbentuk Kuis Ki Hajar yang diikuti oleh siswa jenjang SD hingga SMA. Namun, khusus DIY, juga diadakan kegiatan lomba lain yang dapat diikuti guru dan siswa dari berbagai jenjang untuk lebih menyemarakkan kegiatan.

“Kalau cuma kuis kan kurang menarik. Jadi kita juga adakan lomba lain. Khusus Kuis Ki Hajar, masing-masing satu siswa untuk SD, SMP, dan SMA akan kita kirim ke tingkat nasional untuk berkompetisi dengan perwakilan dari provinsi lain seluruh Indonesia,” terang Mulyanta Senin (29/8) di kantor BTKP DIY.

Dikatakan, kuis Ki Hajar sudah diawali dengan seleksi di tingkat kabupaten/kota. Peserta terbaik hasil seleksi kabupaten/kota berhak masuk ke tingkat provinsi. Pada event tingkat provinsi akan dipilih masing – masing tiga orang untuk SD,SMP, dan SMA sebagai kandidat mengikuti ajang seryupa di tingkat nasional.

“Khusus Kuis Ki Hajar, kita cari bibit unggul di kabupaten/kota. Dari seleksi di kabupaten/kota, kita ambil 100 siswa terbaik untuk masuk ke tingkat provinsi” terangnya.

Lomba di tingkat provinsi akan digelar di BTKP DIY pada 31 Agustus hingga 2 September 2016. Juara Kuis Ki Hajar tingkat DIY akan mendapatkan pendampingan di provinsi. Masing – masing satu orang dari SD, SMP, dan SMA akan dipilih mewakili DIY ke Jakarta.

Tidak hanya Kuis Ki Hajar, pada 31 Agustus hingga 2 September 2016 juga akan digelar lomba Kontes Robot untuk guru dan siswa SMA-SMK. Juga, lomba membuat game dengan software Kodu, serta lomba implementasi iovasi pembelajan with IPad untuk siswa SMP, SMA, dan SMK.

Tahun ini, Mulyanta menargetkan DIY akan menyapu bersih medali emas pada Kuis Ki Hajar Nasional. Prestasi gemilang pada tahun sebelumnya membuat Mulyanta mantap mematok target tinggi. “Pada 2013 kita meraih medali perunggu untuk SMP dan SMA, 2014 dapat perak untuk SMA, dan tahun 2015 dapat juara umum dengan meraih emas untuk SD dan SMP. Tahun ini kita targetkan bisa sapu bersih medali emas,” tegasnya. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *