Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Gerakan Literasi Sekolah Mendorong Kemampuan Komunikasi Siswa
guru-mengajar
Proses belajar mengajar mengajar di MAN 1 Surakarta (foto: Rohman)

Gerakan Literasi Sekolah Mendorong Kemampuan Komunikasi Siswa

Edupost.Id – Gerakan Literasi Sekolah (GLS) diharapkan tidak hanya mendorong siswa untuk gemar membaca. Tetapi, juga mendorong siswa dapat mengomunikasikan hasil bacaannya kepada pihak lain. Ini penting mengingat kemampuan komunikasi siswa Indonesia umumnya masih cukup rendah.

Hal itu disampaikan oleh Waka Humas MAN Yogyakarta 1, Hartiningsih ketika dimintai tanggapan mengenai Gerakan Literasi Sekolah. Menurutnya, gerakan ini harusnya dapat menjadi upaya agar siswa menyerap banyak pengetahuan dari buku yang dibaca. Dan yang tidak kalah penting, siswa dapat menyampaikan hasih bacaannya kepada orang lain. Sebagai madrasah yang berbasis riset, ia mengaku sangat serius menggarap gerakan ini.

“Di sini kami menyerahkan sepenuhnya kepada guru. Masing – masing guru dalam pembelajarannya harus mengajak siswa untuk membaca buku, misalnya dengan penugasan membuat makalah,” ujar guru yang disapa Aning itu.

Fasilitas sekolah juga memegang peranan penting dalam gerakan ini. Hal ini misalnya berkaitan dengan ketersediaan buku dan sarana bacaan lain di sekolah. “Kebetulan kami punya buku yang lengkap dari semua bidang. Setiap tahun selalu diadakan pengadan baru berdasarkan angket yang diisi oleh siswa dan guru,” imbuh Aning.

Sementara itu, gerakan literasi di MAN Lab UIN Yogyakarta juga mendapatkan sambutan positif dari madrasah. Salah satu contohnya adalah pemberian tugas membaca, merangkum,dan mengomentari minimal 5 buah buku pengayaan selama satu semester. Laporan kegiatan membaca harus diketahui dan ditandatangani oleh wali kelas.

“Butuh keteladanan dari para pendidik agar budaya gemar membaca tidak sloganistis. Jadi, marilah kita biasakan membaca buku walaupun hanya 15 menit dalam sehari,”ajak Ahmad Arief Maruf, kepala perpustakaan MAN Lab UIN. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *