Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Gerakan Literasi Sekolah Resmi Diluncurkan
siswa SD membaca buku
Siswa SD membaca di pameran buku (ilustrasi : Anonim)

Gerakan Literasi Sekolah Resmi Diluncurkan

Edupost.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy secara resmi telah membuka Gerakan Literasi Sekolah (GLS ), di kantor Kemendikbud, Jakarta. Mendikbud mengatakan, gerakan literasi ini harus menyeluruh, komprehensif, dan melibatkan semua pemangku kepentingan.

“Gerakan Literasi Sekolah sebagai bagian dari Gerakan Literasi Nasional, menjadi pilar yang sangat penting karena menaungi siswa dan satuan pendidikan. Jumlahnya yang besar dan tersebar hingga kawasan 3 T ,” ujar Mendikbud.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan, Festival Literasi Sekolah dilaksanakan sebagai perayaan literasi, dan pada ajang ini semua pemangku kepentingan berkumpul untuk berbagi pengalaman praktik terbaik. Selain itu juga, bertukar informasi, dan menjalin komunikasi.

Festival Literasi Sekolah diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan lomba literasi jenjang SD, SMP, dan SMA. Pada jenjang SD, diselenggarakan Apresiasi Sastra Siswa di Bogor pada 26 – 29 Oktober 2017 yang diikuti oleh 165 siswa SD.

Pada jenjang SMP , diselenggarakan Olimpiade Literasi Siswa Nasional di Jakarta pada 26 – 30 Oktober 2017, diikuti oleh 103 siswa SMP. Pada jenjang SMA, digelar Akademi Remaja Kreatif Indonesia di Bogor , 26 – 31 Oktober 2017, diikuti oleh 60 siswa SMA.

“Melalui kegiatan festival dan lomba, kita ingin membangun kesadaran kepada masyarakat bahwa literasi adalah bagian dari hidup keseharian. Literasi bukan barang baru dan tidak eksklusif. Literasi tidak hanya untuk dirapatkan dan dilombakan, melainkan pula untuk dirayakan. Literasi adalah kita,” pungkas Hamid. (Andi)

Check Also

Biaya-Dinas-Pejabat-Sedot-Anggaran-Dikti

Kemdikbud Dapat Anggaran 40 Trilyun dari RAPBN 2018

Edupost.id – Dalam rapat kerja antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Muhadjir Effendy dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *