Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Guru Baru Harus Ikut PPG Pra Jabatan
guru
Ilustrasi. Guru

Guru Baru Harus Ikut PPG Pra Jabatan

Edupost.id – Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, guru-guru baru di bawah Kementerian Agama (Kemenag) yang belum mengajar tidak lagi ikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG), tetapi semua wajib mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan.

“Saya rencanakan tahun 2017 sudah mulai jadi untuk untuk guru agama, kita mulai pelaksanaan dulu di fakultas untuk calon-calon guru. Untuk guru-guru yang sudah pernah mengajar itu mengikuti PLPG,” kata Kamaruddin, dikutip dalam laman resmi Kemenag.

Ke depan yang menjadi guru itu tidak hanya lulusan Fakultas Tarbiyah, tetapi juga dari fakultas-fakultas non tarbiyah. Hanya saja, lulusan non Fakultas Tarbiyah terlebih dahulu harus mengikuti PPG di Fakultas Tarbiyah.

“Jadi tarbiyah tidak perlu juga merasa kaplingnya diambil, tetapi seluruh fakultas mengikuti pelatihan intensif PPG sekitar 6 bulan sampai setahun untuk bisa mendapatkan ilmu pedagogik di tarbiyah, tetapi kontennya fakultas-fakultas lain,” ucap Dirjen.

Dirjen juga mengatakan, Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2016 ini tidak hanya guru umum saja, guru agama juga harus mendapatkan sertifikasi tahun ini. Mengenai kuotanya, Kemenag akan berkoordinasi dengan kementerian yang terkait akan hal ini.

Kamaruddin Amin mengatakan, pihaknya akan melakukan reformasi LPTK. Nantinya, lulusan Fakultas Tarbiyah tidak bisa langsung menjadi guru. Mereka harus terlebih dahulu mengikuti pelatihan yang kemudian berhak mendapat sertifikat pendidik ketika diwisuda.

“Jadi sama dengan dokter, kalau dokter itu nanti mencetak sarjana kedokteran kemudian mengikuti koas lagi untuk bisa menjadi dokter, jadi dokter itu profesi, sama dengan guru, guru itu juga profesi,” ucap Dirjen.

Selama ini, jelas Dirjen, seorang guru menjadi profesional itu setelah mengikuti PLPG selama 7 hari, padahal itu sangat tidak cukup. Oleh karena itu, nanti ke depannya harus kita reformasi. (Andi).

Check Also

Akhlak-Rendah-8-Siswa-SMP-Tidak-Lulus-UN

2017, Seluruh Sekolah Di DIY Ditargetkan Gelar UNBK

Edupost.ID – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan seluruh sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *