Jumat , 25 Mei 2018
Home / Berita Pendidikan / Guru Desak Pemerintah, Pendidikan Nasional Jangan lagi Parsial dan Sporadis!
pelajar sma
Ilustrasi: Pelajar SMA

Guru Desak Pemerintah, Pendidikan Nasional Jangan lagi Parsial dan Sporadis!

Edupost.id – Federasi Serikat Guru Indonesia (FGSI) menilai sudah waktunya bagi pemerintah untuk membuat pola dasar atau cetak biru pendidikan secara nasional yang melibatkan seluruh komponen pendidikan. Pendidikan Nasional jangan lagi parsial dan sporadis.

Ini diperlukan agar pembangunan pendidikan nasional tak lagi dilakukan secara parsial dan sporadis. Pembangunan pendidikan seharusnya lebih terencana, komprehensif dan melibatkan semua pihak.

“Cetak biru pendidikan nasional sangat mendesak. Tujuannya agar bisa menjadi pedoman, agar bisa menjadi pedoman, tolok ukur dan petunjuk arah dalam menjalankan kebijakan-kebijakan pendidikan secara nasional,” ujar Sekretaris Jenderal FGSI Heru Purnomo dalam keterangan tertulis, Rabu (2/5).

Selain itu, Heru juga meminta pemerintah menata Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) maupun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang tak bermutu. Harapannya, guru yang dihasilkan akan lebih berkompeten.

“Kurikulum di LPTK mesti disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Begitu juga dengan kurikulum yang memuat pendidikan ramah anak dan kemampuan berpikir kritis,” tambahnya.

Menurut Heru, guru juga harus dibekali dengan pendidikan ramah anak dan memahami UU Perlindungan Anak. Selain itu, guru mesti dibekali kompetensi sosial dan kepribadian yang matang.

“Sudah waktunya dibuat peraturan setingkat perpres mengenai perlindungan guru di sekolah. Kemudian peraturan setingkat tentang Penanganan kekerasan di sekolah,” katanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=