Selasa , 25 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Guru Dipukul, FSGI: Sekolah dan Orangtua Tidak Harmonis
Guru-Dipukul-FSGI-Sekolah-dan-Orangtua-Tidak-Harmonis
Ilustrasi: Guru Mengajar.

Guru Dipukul, FSGI: Sekolah dan Orangtua Tidak Harmonis

Edupost.id – Banyaknya kasus guru yang dikriminalkan orangtua dinilai Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti, akibat dari hubungan antara sekolah dengan orangtua tidak harmonis. Ketidakharmonisan tersebut membuat berbagai persoalan di sekolah sulit diselesaikan secara damai. Kasus Dasrul, guru Arsitektur SMKN 2 Makassar, yang mengusir siswa dari kelasnya karena yang bersangkutan tidak membawa alat gambar.

“Siswa sempat mengeluakan kata kasar dan menendang pintu kelas, sang guru kemudian diduga menampar. Tidak terima perlakua gurunya, si anak kemudian menelepon orangtuanya. Satu jam kemudian, orangtua datang ke sekolah, menemui si guru dan terjadilah penganiayaan terhadap guru yang dilakukan oleh orangtua dan anaknya,” tambahnya.

Setelah melakukan tindakan pendisiplinan, lanjut Retno. ada baiknya guru menghubungi orangtua siswa untuk menjelaskan anak melangar tatatertib kemudian ditindak. “Jika ada kekhilafan maka sebaiknya berterus terang dan memohon maaf, karena guru adalah manusia biasa yang tentunya bisa marah dan tersinggung,” tuturnya. Jika orangtua sudah mendengar, jelas Retno, maka emosi orangtua juga dapat dikendalikan dan bersedia berdialog.

Sejumlah upaya membangun harmoni orangtua dengan pihak sekolah diharapkan dapat menghilangkan kriminalisasi terhadap guru. Penyelasaian melalui jalur hukum merupakan langkah terakhir setelah semua dialog dan mediasi menemui jalan buntu. Guru yang terbukti melakukan kesalahan dapat dibina dan dihukum secara kepegawaian oleh atasan-atasannya serta organisasi profesi yang menaunginya sesuai peraturan perundangan yang berlaku di negeri ini.

“Mengapa kita tidak mengedepankan dialog di “Meja Coklat” ketimbang berseteru di “Meja Hijau”?,” tegasnya. (Nisa)

Check Also

siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Soal Tidak Muncul, Banyak Siswa SMK Tak Bisa Kerjakan UNBK

Edupost.id – Sejumlah siswa dari berbagai daerah di Indonesia mengeluhkan persoalan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *