Selasa , 18 Desember 2018
Home / Berita Pendidikan / Hadapi UNBK, Siswa SMP Kota Yogyakarta Ikuti Tes Pendalaman Materi

Hadapi UNBK, Siswa SMP Kota Yogyakarta Ikuti Tes Pendalaman Materi

Edupost.id – Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April mendatang, sejak Senin-Kamis, 5-8 Februari 2018 seluruh siswa SMP calon peserta UNBK di Kota Yogyakarta mengikuti Tes Pendalaman Materi Berbasis Komputer (TPMBK).

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Hasyim, menjelaskan, TPM akan membantu persiapan siswa SMP menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Tes ini juga akan menjadi simulasi pelaksanaan UNBK karena dilakukan menggunakan komputer.

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menyiapkan dua kali tes pendalaman materi untuk membantu persiapan siswa SMP menghadapi UNBK yang sesungguhnya. Mata pelajaran yang diujikan saat TPM juga sama seperti UNBK yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris.

“Kami pun bisa mengevaluasi apa saja yang kurang dan harus dilengkapi saat pelaksanaan UNBK yang sebenarnya. Siswa pun akan memiliki persiapan yang cukup,” katanya.

Dijelaskan pula, total siswa SMP yang akan menjadi peserta UNBK di Kota Yogyakarta tercatat 8.092 siswa. Sementara komputer yang disiapkan untuk pelaksanaan UNBK tahun ini sejumlah 3.762 unit.

Sebagian besar sekolah akan menggelar ujian dalam dua sesi, yaitu pagi dan siang hari. Hanya delapan sekolah yang akan menggelar ujian dalam tiga sesi di antaranya SMP Negeri 9 Yogyakarta, dan SMP Stella Duce I.

Sementara itu, terdapat 10 SMP dari total 66 SMP negeri dan swasta di kota ini yang akan bergabung ke sekolah lain saat pelaksanaan UNBK. Sekolah tersebut adalah SMP Perak, SMP Budi Luhur, SMP Islam, SMP “17” 1, SMP “17” 2, SMP Gotong Royong, SMP Bhinneka Tunggal Ika, SMP Al Khairat, SMP Bopkri 10 dan SMP Bopkri 2.

“Setiap sekolah diminta menyiapkan genset untuk mengantisipasi terjadi pemadaman listrik. Kami juga sudah siapkan surat ke PLN agar tidak melakukan pemadaman listrik saat ujian berlangsung,” katanya.

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

Gara-gara Takut Lihat Komputer, Tiga Siswa SMP Ini Tidak Jadi UNBK

Edupost.id – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP yang berlangsung sejak Senin lalu (24/4) tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=