Minggu , 22 April 2018
Home / Berita Pendidikan / Hanya Jakarta dan Yogyakarta yang Gelar UNBK SMP 100%
UNBK
Siswa mengikuti simulasi Ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

Hanya Jakarta dan Yogyakarta yang Gelar UNBK SMP 100%

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut, ada dua provinsi yang siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 100 % di jenjang SMP tahun ini. Keduanya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan DKI Jakarta.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, tidak semua sekolah di jenjang ini yang menggelar UNBK mandiri. Sebagian lain masih harus menumpang ke sekolah lain karena keterbatasan fasilitas.

Berdasarkan data, ada 441 SMP/MTs di wilayah ini. Sebanyak 324 SMP bisa melaksanakan UNBK mandiri, dan sebanyak 117 SMP menumpang di sekolah lain.

Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan,  SMP yang tidak bisa melakukan UNBK mandiri dapat menumpang di SMA.

“Sudah ada jadwal yang berbeda. SMK ujian tanggal 2- 5 April, SMA ujian tanggal 9-12 April, sementara SMP ujian tanggal 23-26 April,” terangnya.

Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk mempersiapkan siswa menghadapi UNBK. Di antaranya, Disdikpora sudah melakukan simulasi.

Disdikpora juga sudah melakukan koordinasi dengan PLN terkait pelaksanaan UNBK. Ini dilakukan agar tidak terjadI pemadaman listrik saat berlangsungnya UNBK.

Secara nasional, jumlah keikutsertaan peserta UNBK mencapai 6.293.552 dari total 8,1 juta peserta. Artinya ada sekitar 78% peserta yang mengikuti UNBK 2018.

“Sebanyak 78% peserta didik siap mengikuti UNBK. Jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat siginfikan dari penyelenggaraan tahun lalu,” ujar Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi beberapa waktu lalu.

UN di jenjang SMP/MTS akan dimulai pada 23 hingga 26 April 2018. Siswa yang tidak bisa mengikuti UN utama dapat mengikuti UN susulan pada 8 dan 9 Mei 2018.

Untuk peserta UN di program paket B akan melakukan ujian pada 4 hingga 7 Mei 2018 dengan ujian susulan pada 11 sampai 14 Mei 2018.

Check Also

UNBK 2016

UNBK Matematika Terlalu Sulit, Kemendikbud Lakukan Malpraktik

Edupost.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima aduan dari siswa peserta Ujian Nasional Berbasis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=