Minggu , 26 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Hari Anak Nasional, Membangun Jiwa Mardika Dideklarasikan
Hari Anak Nasional, Membangun Jiwa Mardika Dideklarasikan
Hari Anak Nasional, Membangun Jiwa Mardika Dideklarasikan

Hari Anak Nasional, Membangun Jiwa Mardika Dideklarasikan

Edupost.id – Sebanyak 10 perwakilan Forum Anak DIY hari ini, Minggu (21/8) membacakan Deklarasi Membangun Jiwa Mardika di gedung Jogja Expo Center (JEC). Deklarasi ini diibacakan pada puncak perayaan Hari Anak Nasional 2016 tingkat DIY yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY.

Deklarasi ini berisi 10 tuntutan terhadap hak-hak anak, khususnya di DIY. Sejumlah tokoh telah menandatangani deklarasi ini. Mereka adalah Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DIY, Gusti Kanjeng Bendoro Raden Arya Adipati (GKBRAA) Paku Alam, Dra. Kumala Retno, M.Si., dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY, dr. Arida Oetami, M.Kes. Perwakilan anak pembaca deklarasi di antaranya adalah Maryam Nur Hadjidah (17), Dwi Cahyo (17), Happy Kurnia Saputri (15), Sulistia Nuryahya (16), Dewi Eka Wulandari (17), Fitriani Retta Dinda (18), Rian Eka (18), Prastowo Budi Purnama (16), Bayu Aji Pamungkas (17).

Puncak perayaan Hari Anak Nasional 2016 tingkat DIY juga diisi dengan acara pameran, pemberian penghargaan prestasi, juga pentas seni dari anak-anak. Sejumlah lembaga yang terkait anak dan perlindungan anak turut ambil bagian dalam pameran ini. Stand di antaranya Rifka Annisa, PKBI, BPPM, RS Panti Rapih, Yayasan Samin, LSSPA, Jaringan Remaja, Forum Anak Kabupaten/Kota, Yayasan Sayap Ibu, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, dan lainnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY, dr Arida Oetami menyatakan ‘Akhiri Kekerasan Terhadap Anak’ sesuai tema HAN 2016 bisa terwujud dengan tekad menciptakan DIY sebagai tempat yang ramah anak.

“Deklarasi ini untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran dari orang tua, badan usaha, juga pemerintah dan negara dalam mencetak anak-anak berkualitas. Sekaligus untuk memberikan informasi agar keluarga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memenuhi hak-hak anak,” terangnya. (Andi)

Check Also

Peringatan Hari Anak nasional 2016

Walkot Bima Arya dan Gracia Indri Peringati Hari Anak Nasional

Edupost.id- Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto beserta Wakil walikota, Usmar Hariman membuka acara Hari Anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *