Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Hebat! Puluhan Pelajar SMK Wakili Indonesia di Kompetisi Internasional

Hebat! Puluhan Pelajar SMK Wakili Indonesia di Kompetisi Internasional

Jakarta- Sebanyak 32 siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) mengikuti Kompetisi Keterampilan Dunia ke-42 atau 42nd Worldskills Competition (WSC) Leipzig 2013 di Kota Leipzig, Jerman. Para peserta berangkat hari ini, Jumat (28/06) siang.

Worldskills Competition merupakan acara dua tahun sekali yang diadakan Worldskills International (WSI) sebagai wadah unjuk keterampilan tenaga muda terampil dari seluruh negara yang tergabung di dalamnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan, WSC menjadi media untuk mengukur keterampilan kompetensi teknis dan membandingkannya dengan negara lain.

Mendikbud menambahkan, ajang ini juga untuk mengetahui perkembangan keterampilan negara lain dilihat dari kompetensi pesertanya. “Manfaatkan WSC untuk membangun jejaring dan mengenal lingkungan negara lain,” jelasnya, dilansir dari jpnn.

Tahun ini Indonesia mengutus 32 peserta yang berkompetisi di 30 bidang lomba dari total 46 bidang yang dilombakan, di antaranya mobile robotic, mechanical engineering design, web design, industrial control, pastry cook, cooking, beauty therapy, dan hairdressing.

Tahun ini merupakan keikutsertaan Indonesia yang ke-5 kali selama 41 penyelenggaraan Worldskills Competition (WSC). Pada WSC tahun 2011, Indonesia mendapatkan 17 medali penghargaan dari 17 bidang kompetisi. Medali yang diraih tersebut diterima Indonesia sebagai pengakuan internasional atas standar kompetensi Indonesia yang telah melewati passing grade yang ditetapkan.

Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen), Hamid Muhammad mengungkapkan, tahun ini melalui Direktorat Pembinaan SMK, Indonesia telah menambah bidang kompetisi dari 25 bidang pada WSC sebelumnya, menjadi 30 bidang. “Pada tahun ini jumlah negara peserta juga naik dari 51 menjadi 66 negara,” terangnya.

Hamid menyampaikan, peserta WSC diperoleh dari hasil seleksi Lomba Keterampilan Siswa (LKS) yang telah mendapat pelatihan selama enam bulan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Malang, Jawa Timur.

Check Also

UPN Veteran Yogyakarta

129 Dosen UPN Veteran” Yogyakarta Terindex SINTA

Edupost.id – Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Prof.Dr.Ir. Sari Bahagiarti K.M.Sc mengatakan, 129 dosen UPNVY …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *