Selasa , 13 November 2018
Home / Berita Pendidikan / IGI Minta USBN SD Ujikan 8 Mapel Dibatalkan
UN-SD-KOTA-1
Ujian Sekolah (US) SD atau ujian nasional siswa SD

IGI Minta USBN SD Ujikan 8 Mapel Dibatalkan

Edupost.id – Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim meminta pemerintah membatalkan rencana pemberlakuan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD yang mengujikan delapan mata pelajaran.

Menurut Ramli, penambahan mapel di USBN jenjang SD itu akan membuat guru hanya mengejar angka USBN setinggi-tingginya. Imbasnya, upaya penguatan pendidikan karakter di SD, yang menjadi pondasi pendidikan masa depan, bakal kian terabaikan. “Seharusnya, pembelajaran di SD lebih berfokus pada penanaman dan penguatan pendidikan karakter,” ujarnya.

Tak hanya itu, pemberlakuan 8 mapel juga dapat membebani sekolah, khususnya dalam pembuatan soal. Pembuatan 75 soal oleh sekolah jelas menyita waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Ramli juga menjelaskan memperbanyak jumlah mapel dalam USBN di SD membuktikan bahwa pemerintah pusat tidak percaya kepada sekolah. Sebaiknya urusan ujian akhir di SD dipasarahkan kepada guru di masing-masing sekolah.

Masih ada pekerjaan pemerintah yang jauh lebih penting. Pemerintah sebaiknya lebih fokus memenuhi jumlah guru yang berkualitas. “Pemerintah pusat harusnya berfokus pada pemenuhan layanan dasar seperti dicukupinya jumlah guru PNS di seluruh SD,” lanjutnya.

Sebelumnya Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mewacanakan akan menggelar USBN SD dengan 8 mapel. Kedelapan mapel yang diujikan dalam USBN jenjang SD itu adalah Bahasa Indonesia, ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Selain itu, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), serta Pendidikan Agama.

Check Also

stop-bullying-kekerasan

Ketum IGI : Kekerasan di Sekolah Akibat Stres Akademik

Edupost.id – Kasus pembunuhan Ahmad Budi Cahyanto (27 tahun) pada Kamis (1/2) lalu menimbulkan gejolak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=