Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Ilmuwan Muda DIY Persiapkan Lomba Penelitian Siswa Nasional
Siswa madrasah menerapkan ilmu sains
Ilustrasi. Siswa madrasah menerapkan ilmu sains

Ilmuwan Muda DIY Persiapkan Lomba Penelitian Siswa Nasional

Edupost.id – Tim peneliti muda dari beberapa SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah bersiap melaju ke tingkat nasional pada ajang Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) SMP 2017, yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan SMP Kemdikbud. Tim yang akan mewakili DIY adalah para juara LPSN di tingkat DIY.

Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Supriyono, mengatakan, dari hasil LPSN di tingkat DIY dihasilkan 9 tim juara dari 6 SMP di DIY. Keseluruhan tim ini meraih juara dalam tiga bidang penelitian, yakni IPS, Kemanusiaan dan Seni, IPA dan Lingkungan, serta IPT dan Rekayasa.

“Meski sudah menjadi juara tingkat provinsi, tidak semua peserta LPSN ini akan maju ke tingkat nasional. Karya ilmiah mereka akan dinilai lagi oleh tim juri dari Direktorat Pembinaan SMP,” ujarnya.

LPSN merupakan ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs/sederajat yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Di samping itu kegiatan ini juga untuk memberikan ruang para siswa dalam KIR, guru dan sekolah untuk berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS).

Pada bidang IPS, Kemanusiaan dan Seni, juara 1 LPSN DIY diraih oleh SMP Negeri 5 Yogyakarta, disusul SMP IT Tunas Mulia Gunungkidul dan SMP Negeri 8 Yogyakarta sebagai juara 2 dan 3. Sementara pada bidang IPA dan Lingkungan juara 1 diraih oleh SMP Negeri 5 Yogyakarta, disusul SMP Negeri 8 Yogyakarta dan SMP Negeri 1 Bantul sebagai juara 2 dan 3.

Sedangkan bidang IPT dan Rekayasa, juara 1 diraih oleh SMP Negeri 5 Yogyakarta, disusul SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta dan SMP Stella Duce 1 Yogyakarta sebagai juara 2 dan 3. Tim terbaik hasil penilaian juri akan dipanggil untuk melakukan presentasi karya di hadapan dewan juri nasional. (Andi)

Check Also

FLS2N 2017 Resmi Ditutup, DIY Jadi Juara Umum

FLS2N 2017 Resmi Ditutup, DIY Jadi Juara Umum

Edupost.id – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil menjadi juara umum Festival dan Lomba Seni Siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *