Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Indeks Integritas UN SMP Tahun Ini Meningkat
UN-SMP
UN SMP

Indeks Integritas UN SMP Tahun Ini Meningkat

Edupost.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan bahwa Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tingkat SMP tahun 2016 mengalami peningkatan. Sebanyak 72 persen sekolah mengalami peningkatan IIUN, dibandingkan dengan tahun lalu.

UN SMP tahun ini diikuti 4.372.872 siswa dan 60.067 satuan pendidikan. Terdapat kenaikan jumlah sekolah yang memiliki IIUN di atas 80, yaitu sebanyak 23.634 sekolah atau setara 44,03 persen. Tercatat, pada tahun 2015, terdapat sebanyak 12.039 sekolah yang memiliki nilai IIUN di atas 80 atau sebesar 23,44 persen.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan kenaikan rerata nilai IIUN menunjukkan semakin jujurnya penyelenggaraan UN. Anies mengapresiasi daerah yang menunjukkan peningkatan integritas dalam penyelenggaraan UN.

Baca juga: Derra, Peraih Nilai UN SMP Tertinggi DIY

Urutan daerah dengan kenaikan IIUN tertinggi adalah Sulawesi Barat, Sumatera Selatan di peringkat kedua, diikuti Sulawesi Utara, Aceh, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Sumatera Utara.

Sedangkan, daerah dengan nilai IIUN tertinggi tahun ini adalah Daerah Istimewa Yogyakarta, diikuti oleh DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau.

Untuk nilai rerata nasional UN 2016 yakni sebesar 58,57 untuk SMP, 59,06 untuk MTs, dan untuk 48,36 SMP Terbuka.

Anies menilai, dengan meningkatnya nilai IIUN, tingkat kejujuran naik, maka nilai yang keluar adalah lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya. Menurutnya, soal UN mendatang akan lebih dititikberatkan pada kemampuan penalaran dan analisa. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan penalaran, dan analisa. (Kemdikbud/IK-SS)

Check Also

ujian nasional

Posko UN Kemendikbud Terima 17 Pengaduan

Edupost.id – Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *