Kamis , 13 Desember 2018
Home / Berita Pendidikan / Indonesia dan Belanda Kembangan Model SMK Pertanian
Lulusan SMK Seni Punya Peluang Kerja yang Luas
Lulusan SMK Seni Punya Peluang Kerja yang Luas

Indonesia dan Belanda Kembangan Model SMK Pertanian

Edupost.id – Indonesia dan Belanda sepakat bekerja sama mengembangkan model pendidikan kejuruan di bidang pertanian. Kerja sama kedua negara tersebut ditandai dengan pendatanganan technical arrangement antara Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, M. Bakrun 
dan Minister Plenipotentiary/Deputy Head Of Mission Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Ferdinand Lahnstein, Kamis (8/3).

“Sebagai tahap awal, program percontohan akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Subang Jawa Barat dan SMK Negeri 5 Jember Jawa Timur selama tiga tahun. Hasil percontohan akan direplikasi kepada SMK bidang pertanian lainnya di Indonesia, ” terang Bakhrun, mengutip dari siaran pers Kemendikbud.

Kedua negara sepakat menjalin kerjasama dalam lima bidang. Keduanya siap menjalin penguatan kerjasama antara lembaga pemerintah, sekolah dan industri melalui program kerja bersama dan pengembangan teaching factory.

Selain itu, juga pengembangan kurikulum, modul pembelajaran, dan standar kompetensi yang selaras dengan industri. Pelatihan untuk guru dan tenaga kependidikan di industri juga turut serta dalam kesepakatan ini. Wujudnya melalui paelatihan softskill, antara lain communication skill dan social skill, program pelatihan guru dan tenaga kependidikan di Belanda, dan kegiatan pembelajaran di SMK oleh instruktur dari industri.

Hal lain yang disepakati adalah pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur SMK yang meliputi laboratorium dan teaching factory. Terakhir, pembentukan tim manajemen sebagai pelaksana program.

“Pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Kerajaan Belanda meyakini bahwa pembangunan pada bidang pendidikan pelatihan kejuruan akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan penduduk di kedua negara,” tutur Bakrun. (Andi)

Check Also

Cara Orangtua Hadapi Anak yang Iri dengan Temannya

Betulkah Anak Pertama Lebih Pintar daripada Adiknya ?

Edupost.id – Kabar gembira bagi Anda yang termasuk anak sulung. Riset terbaru menunjukkan bahwa anak sulung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=